Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/09/2016, 11:55 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber BOLDSKY

KOMPAS.com - Setiap perempuan berisiko terkena kanker ovarium. Tak ada yang tahu kapan sel kanker menyerang. Bahkan penyakit ini terkadang muncul tanpa gejala berarti sehingga dikenal dengan "silent killer".

Tetapi, sebenarnya ada tanda-tanda awal yang perlu dicurigai kanker ovarium. Untuk memastikan setiap gejala yang ada, periksa ke dokter adalah langkah yang tepat. Ini dia 8 gejala kanker ovarium yang biasanya muncul pada pasien

1. Panggul atau perut sakit
Umumnya, 80 dari 100 pasien kanker ovarium mengalami sakit parah di area panggul dan perut. Rasa nyeri bisa berlangsung lama dan menimbulkan masalah serius pada wanita dengan kanker ovarium.

2. Perut terasa penuh
Perut terasa penuh atau begah juga suatu gejala kanker ovarium yang sering terjadi. Pasien akan merasa cepat kenyang, padahal hanya sedikit makan. Akibatnya, terjadi penurunan berat badan, karena asupan makan tidak sesuai kebutuhan.

3.Masalah buang air kecil
Pada pasien kanker ovarium, rasanya selalu ingin ke kamar kecil untuk pipis. Keinginan buang air kecil seperti tak bisa tertahankan.

Namun, bukan berarti wanita dengan kanker ovarium juga mengalami infeksi saluran kemih.

4. Kelelahan
Kelelahan yang berlebihan juga dialami pasien kanker ovarium, sama seperti gejala kanker lainnya, pasien kanker ovarium sering mengeluh tidak memiliki energi untuk bekerja.

5. Gangguan pencernaan
Gangguan pencernaan, meliputi rasa sakit perut merupakan gejala yang sering muncul pada pasien kanker ovarium. Mereka tiba-tiba memiliki masalah pencernaan seperti buang air besar tidak teratur. Padahal, biasanya selalu teratur

6. Nyeri punggung
kebanyakan sakit kanker lainnya, kanker ovarium juga menimbulkan gejala nyeri pada tulang belakang, terutama daerah punggung bawah. Rasa nyeri biasanya terus berlanjut, bukan hanya satu atau dua kali.

7. Nyeri saat berhubungan seksual
Ovarium berdekatan dengan vagina. Ketika selalu terasa sakit saat berhubungan seksual, waspadai ada yang tidak beres pada sistem reproduksi wanita.

8.Sembelit
Sembelit atau susah buang air besar juga kerap terjadi pada pasien kanker ovarium. Sembelit pada pasien kanker biasanya sulit pulih meski telah diberi minum obat. Terkadang, terjadi pembengkakan pada perut dan siklus menstruasi jadi tidak teratur.

Jika memiliki gejala-gejala tersebut, jangan tunda pemeriksaan ke dokter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com