Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/10/2016, 11:45 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber WEBMD

KOMPAS.com - Kabar baik bagi Anda yang hobi bermain golf. Menurut hasil studi para peneliti dari University of Edinburgh, pegolf memiliki tingkat kesehatan yang lebih baik dibanding orang yang tidak bermain golf.

Bermain golf dipercaya dapat menjaga kadar kolesterol sehingga meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan metabolik tubuh.

Ternyata, tanpa disadari, pegolf bisa berjalan keliling lapangan golf sejauh 4-8 mil dan itu setidaknya telah membakar 500 kalori. Selain itu, pemain golf juga mendapat manfaat dari paparan sinar matahari pagi dan udara terbuka yang menyegarkan.

Itulah mengapa, menurut penelitian yang dipublikasikan di British Journal of Sports Medicine itu, bermain golf juga mampu memperbaiki sistem pernapasan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan memperkuat otot pada orangtua.

Dokter spesialis olahraga dari Skotlandia pun mengungkapkan, bermain golf membantu mencegah berbagai penyakit, termasuk demensia pada orang lanjut usia dan meningkatkan kesehatan mental seperti menurunkan risiko depresi serta gangguan kecemasan.

Peneliti utama, dr Andrew Murray yang ikut berpartisipasi dalam Golf and Health Project ini mengatakan, olahraga ini dapat bermanfaat untuk segala usia karena golf dimainkan oleh usia muda hingga tua.

Dalam jangka panjang, rutin bermain golf dinilai dapat memperpanjang usia harapan hidup seseorang.

"Kita tahu bermain golf dapat meningkatkan harapan hidup karena memiliki manfaat kesehatan mental, dan dapat membantu mencegah maupun mengobati lebih dari 40 penyakit kronis utama, seperti serangan jantung, stroke, diabetes, kanker payudara ,dan kanker usus besar," kata Andrew.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com