Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/11/2016, 09:03 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber The Sun

KOMPAS.com - Setelah 12 minggu mengonsumsi yoghurt dengan kandungan probiotik, penelitian mengklaim bahwa peserta studi menunjukkan perbaikan besar dalam tes kemampuan otak, terutama memori.

Yoghurt bisa meningkatkan kekuatan otak di kalangan peserta studi yang merupakan pasien demensia, papar peneliti. Pasien yang rutin diberikan yoghurt dengan kandungan probiotik menunjukkan perbaikan dalam tes memori.

Para ahli mengatakan, probiotik yang merupakan bakteri hidup yang ditemukan di yoghurt, juga bisa memberikan manfaat pada otak.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Aging Neuroscience ini melibatkan 52 wanita dan laki-laki dengan demensia berusia 60 sampai 95 tahun. Setengah pasien mendapat dosis yoghurt dengan empat jenis probiotik yang sehat, sementara sisanya menngonsumsi yoghurt biasa.

Setelah 12 minggu, kelompok pasien yang mengonsumsi probiotik menunjukkan peningkatan besar dalam tes otak dibandingkan dengan kelompok satunya. Mereka lebih baik dalam hal mengingat, berhitung, pemahaman objek, mengulangi frase, dan menyalin gambar.

Studi terdahulu, juga sempat membuktikan bahwa probiotik mampu menguatkan otak pada tikus. Tapi Prof Mahmoud Salami, yang memimpin studi ini, mengatakan, "Ini adalah pertama kalinya probiotik telah terbukti bermanfaat bagi perbaikan kognisi pada manusia dengan penyakit demensia maupun alzheimer."

Dr Rosa Sancho dari Alzheimer Research UK, mengatakan, "Ini menimbulkan pertanyaan menarik tentang hubungan antara usus dan otak. Sebab, hingga saat ini belum ada pengobatan yang efektif terhadap penyakit tersebut.”

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com