Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/12/2016, 13:15 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Fox News

KOMPAS.com - Bila Anda memasak terlalu banyak, atau hidangan pesta banyak tersisa, ada beberapa jenis makanan yang boleh disimpan dan dimakan pada esok hari, dan ada pula yang sebaiknya dihabiskan saat itu juga atau terpaksa dibuang.

“Bakteri penyebab penyakit dapat tumbuh dalam makanan tertentu dalam waktu dua jam dalam suhu ruangan,” kata Jacqueline Gomes, seorang ahli diet terdaftar di New Jersey kepada FoxNews. “Seperti salad buah atau sayur, dan segala bentuk olahan sayur, baiknya segera habiskan.”

Gomes menekankan, membiarkan olahan buah dan sayur dalam suhu ruang selama berjam-jam, sudah dapat meningkatkan jumlah bakteri.

Bila olahan tersebut disimpan untuk esok hari, selain nutrisi menghilang, sayuran dan buah yang tercemar bakteri dapat menyebabkan penyakit akibat makanan yang terkontaminasi, seperti mual, diare, bahkan keracunan makanan.

Gomes mengatakan, selain olahan buah dan sayuran, Anda dapat menyimpan makanan sisa lainnya. Hanya saja, setiap jenis makanan memiliki batas waktu, yaitu:

- Olahan daging dan ikan: maksimal 2 hari dalam kulkas.

- Olahan telur : 3 hari dalam kulkas.

- Olahan seafood: 2 hari dalam kulkas.

- Keju keras: 3-4 minggu dalam kulkas.

Sesuai dengan rekomendasi Departemen Pertanian US (USDA), sisa makanan tadi harus dipanaskan sampai 75 derajat celcius sebelum disimpan dalam kulkas, maupun saat ingin dimakan kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com