Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klinik Angsamerah, Layanan Privat untuk Kesehatan Reproduksi

Kompas.com - 21/02/2017, 12:00 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Walaupun terletak di pusat kota Jakarta, klinik kesehatan seksual dan reproduksi Angsamerah hampir tersembunyi dari mata publik.

Posisinya berada di pojokan deretan ruko dan yang terlihat dari luar hanya pintu dan dinding merah dengan logo Angsamerah. Jika Anda tidak mencarinya dengan sengaja, bisa dipastikan bahwa klinik ini akan terlewatkan dari pandangan.

Menurut Dr Baby Jim Aditya MPsi, Psikolog, yang ditemui Kompas.com di klinik Angsamerah, Sabtu (18/2/2017), hal ini memang disengaja untuk menjaga privasi pasien.

Sebagai klinik privat pertama di Indonesia yang berfokus pada kesehatan seksual dan reproduksi, Angsamerah memang memiliki pendekatan yang berbeda dari klinik yang lain.

Privasi adalah salah satunya, dan satu pilar penting lainnya adalah keterbukaan terhadap semua anggota masyarakat tanpa memedulikan orientasi seksual, identitas jender, agama, etnis, profesi dan status pernikahan.

Felix Neunschwander, Project Manager of Partnership Division Angsamerah, mengatakan kepada Kompas.com, semua anggota tim di Angsamerah dilatih cara berkomunikasi yang tidak memberi kesan menghakimi atau menggurui.

“Pertanyaan-pertanyaan yang sensitif seperti status pernikahan atau riwayat menjual atau membeli seks hanya ditanya bila ada relasinya dan diterangkan kepada pasien kenapa hal ini ditanyakan,” ucapnya.

Selain pengobatan, Angsamerah juga peduli dengan pencegahan. Hal ini dapat dilihat dengan tersedianya kondom secara gratis di kamar mandi Angsamerah.

“Jadi mereka tidak perlu merasa malu untuk memintanya,” kata Felix.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com