Senin, 27 Maret 2017

Health

Bisa Tidur Nyenyak Sama Bahagianya dengan Menang Lotre

Shutterstock Ilustrasi

KOMPAS.com - Anda mungkin memiliki kesempatan yang lebih kecil untuk menang lotre, tetapi Anda memiliki kesempatan yang jauh lebih besar untuk mendapatkan tidur malam yang baik.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari University of Warwick di Inggris, kebahagiaan yang didapat ketika Anda rutin mendapatkan tidur yang berkualitas, bisa terasa seperti menang lotre. Sehingga, kebiasaan tidur ini bisa menjadi investasi terbaik bagi kesehatan.

Para peneliti memelajari kebiasaan tidur 30.500 penduduk Inggris selama empat tahun. Mereka menemukan bahwa pola tidur yang sehat termasuk penurunan konsumsi obat tidur, menyebabkan responden memiliki kesejahteraan mental dan fisik layaknya memenangkan lotre sebesar Rp3,3 miliar.

“Kebiasaan tidur yang sehat secara langsung terhubung ke peningkatan kesehatan dan kebahagiaan. Namun, kebahagiaan optimal sangat dipengaruhi oleh kualitas tidur ketimbang dari jumlah jam tidur yang Anda dapatkan,” kata Nicole Tang, penulis utama studi dan seorang profesor di Warwick’s Department of Psychology.

“Sehingga, komitmen untuk melakukan kebiasaan sehat yang meningkatkan kualitas tidur juga penting.”

Tidak mengherankan, bila sebaliknya, yaitu kesehatan tidur dan kebiasaan tidur yang buruk, seperti waktu tidur terlambat dan penggunaan alat bantu tidur, memiliki efek berlawanan pada peningkatan kebahagiaan. Ini justru menyebabkan keadaan emosional dan mental memburuk.

Tang menganjurkan untuk menghindari obat tidur sama sekali, dan tentu saja melatih kebiasaan tidur yang baik setiap malam, untuk mendapatkan tidur malam yang sehat.

Bahkan, katanya, masalah tidur adalah masalah kesehatan yang harus ditangani secara serius.

Menurut National Sleep Foundation, kebiasaan tidur yang sehat ialah termasuk mendapatkan waktu tidur yang teratur, termasuk jadwal bangun yang teratur, berlatih ritual tidur yang santai mencakup meredupkan lampu terang dan apa pun yang menyebabkan kecemasan.

Selain itu, menghindari tidur siang, tidur di kamar dan kasur yang nyaman, dan menurunkan suhu di kamar tidur Anda antara 24-25 derajat celcius di malam hari.

Penulis: Ayunda Pininta
Editor : Bestari Kumala Dewi
Sumber: Yahoo News,
TAG: