Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengobati Mata Belekan sesuai Penyebabnya

Kompas.com - Diperbarui 26/10/2022, 14:30 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Mata adalah salah satu organ yang rentan mengalami infeksi, salah satunya belekan.

Mata belekan bisa menyebabkan penderitanya merasakan gejala mata merah, berair, dan mengeluarkan kotoran berlebihan.

Dilansir dari All About Vision, mata secara alami bakal mengeluarkan kotoran seperti belek yang terdiri atas lendir, minyak, sel kulit mati, dan kotoran lainnya.

Kotoran mata yang lengket, kering, atau berkerak ini bakal menumpuk di sudut mata saat Anda tidur.

Baca juga: Bukan Doyan Mengintip, Ini 7 Penyebab Bintitan

Namun, produksi belek yang berlebihan terlebih jika berwarna kehijauan atau kekuningan, dan disertai sakit mata bisa jadi tanda infeksi.

Cara mengobati mata belekan ini perlu disesuaikan akar penyebab mendasarnya. Sebelum mengenali beberapa di antaranya, ketahui dulu beberapa penyebabnya.

Penyebab mata belekan

Dilansir dari laman resmi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), ada beberapa penyebab mata belekan yang paling umum, di antaranya:

  • Infeksi bakteri

Mata belekan karena infeksi bakteri biasanya ditandai dengan keluarnya belek kental dan lengket yang membuat kelopak mata saling menempel. Terkadang, penyakit ini dibarengi infeksi lain seperti dari bagian telinga.

  • Infeksi virus

Mata belekan karena infeksi virus biasanya muncul dari satu mata, lalu menular ke mata sebelahnya dalam hitungan hari. Kotoran mata karena infeksi virus biasanya cenderung lebih encer dan tidak lengket. Terkadang, penyakit ini juga dibarengi infeksi lain seperti flu, salesma, atau infeksi pernapasan.

Baca juga: 7 Cara Mengobati Mata Bintitan dengan Cepat

  • Alergi

Mata belekan karena alergi gejalanya muncul di kedua mata, disertai rasa sangat gatal, sakit, dan mata membengkak. Terkadang, alergi ini juga disertai bersin-bersin, hidung gatal, sakit tenggorokan, atau asma.

  • Paparan iritan

Beberapa zat yang tak sengaja masuk ke mata seperti produk perawatan kulit atau produk kecantikan, terkadang bisa menyebabkan iritasi. Biasanya, mata belekan karena iritan cenderung berair dan tidak lengket.

  • Penyebab lainnya

Penyebab mata belekan lainnya yakni penyakit infeksi menular seksual yang menjalar sampai ke mata. Biang penyakit ini bisa berpindah dari alat vital ke mata ketika tangan yang terpapar kuman menyentuh area mata.

Untuk mendapatkan diagnosis tepat, pastikan Anda berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti mata belekan.

Baca juga: Mengenal Kalazion, Benjolan di Kelopak Mata Tapi Bukan Bintitan

Cara mengobati mata belekan

Terdapat beberapa cara mengobati mata belekan tergantung penyebab mendasarnya. Dilansir dari Cleveland Clinic, berikut beberapa di antaranya:

  • Gunakan obat antibiotik yang diresepkan dokter

Jika mata belekan disebabkan infeksi bakteri, dokter biasanya meresepkan obat antibiotik berupa obat tetes mata, salep, atau pil. Hindari sembarangan mengonsumsi obat antibiotik tanpa petunjuk dari dokter.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com