Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Mengonsumsi Makanan Sehat, Berikut 3 Cara Menjaga Imunitas

Kompas.com - 24/05/2022, 20:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Mungkin banyak orang bertanya-tanya adakah cara lain untuk meningkatkan imunitas selain mengonsumsi makanan sehat?

Mengonsumsi makanan sehat memang mendatangkan banyak manfaat untuk tubuh, termasuk meningkatkan imunitas.

Namun, kita juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara lain. 

Makan bergizi saja ternyata tak cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kita butuh cara lain agar tidak mudah jatuh sakit.

Baca juga: 11 Gejala Kanker Darah yang Pantang Disepelekan

Cara lain meningkatkan imunitas

Tubuh kita ibarat mesin yang memiliki kebutuhkan kompleks. Selain dari makanan, kita juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara berikut:

1. Tingkatkan tingkat aktivitas fisik Anda

Tidak diragukan lagi bahwa molahraa adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan fisik dan mental Anda.

Olahraga juga menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan sistem kekebalat tubuh.

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition, intensitas dan durasi latihan terkait erat dengan fungsi berbagai komponen sistem kekebalan.

Para peneliti dari jurnal Sports Medicine juga mengumpulkan hasil beberapa penelitian dan menyimpulkan bahwa rutinitas olaharaga menurunan risiko tertular penyakit menular hingga 31 persen.

2. Tingkatkan kualitas tidur

Cukup tidur juga merupakan faktor penting dalam menjaga kekebalan tubuh.

Tidur siang yang baik membantu menyeimbangkan kadar hormon dan sitokin yang bertanggung jawab untuk mengatur respons peradangan dalam tubuh.

Beberapa penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa interaksi antara molekul pensinyalan kekebalan dan neurokimia otak meningkat secara signifikan selama infeksi.

Hal ini menunjukkan bahwa kita cenderung tidur secara berbeda ketika kita sakit. Para peneliti menyarankan bahwa selama infeksi, perubahan tidur ini membantu tubuh kita pulih lebih cepat.

Baca juga: 14 Cara Mengatasi Mual Secara Alami dan dengan Bantuan Obat

3. Kontrol stres

Serangan stres yang singkat dapat membantu kita bertahan dalam situasi berbahaya.

Tetapi ketika stres itu menjadi kronis, hal itu bisa berdampak serius pada kesehatan fisik kita.

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal Brain and Behavior, para peneliti menyimpulkan bahwa stres kronis sangat mengganggu sinyal sistem kekebalan dan meningkatkan tingkat peradangan dalam tubuh.

Penelitian juga menunjukkan bahwa intervensi pengurangan stres memiliki dampak langsung pada kerentanan kita terhadap infeksi.

Misalnya, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa terlibat dalam meditasi mindfulness dapat mengakibatkan penurunan penanda peradangan dan peningkatan sinyal kekebalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com