Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mata Belekan Bisa Sembuh dalam Berapa Hari?

Kompas.com - 30/05/2022, 19:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Mata belekan adalah salah satu penyakit mata yang cukup mengganggu keseharian.

Selain mata merah, penyakit ini juga ditandai dengan keluarnya cairan sedikit kental yang lengket kekuningan dan bisa mengeras di sudut mata.

Terkadang, penderita juga bisa merasakan matanya panas, gatal, sensitif dengan cahaya, dan kelopak mata bengkak.

Berikut penjelasan lebih lanjut lamanya proses penyembuhan mata belekan, cara mengobati, sampai kapan perlu waspada dengan masalah kesehatan ini.

Baca juga: 5 Cara Mengobati Mata Belekan sesuai Penyebabnya

Mata belekan sembuh berapa hari?

Lamanya mata belekan sembuh tergantung pada akar penyebab penyakit mata ini dan cara mengobatinya.

Apabila diobati dengan tepat dan dirawat dengan benar, mata belekan bisa sembuh dalam waktu tujuh hari sampai paling lama dua minggu.

Dilansir dari Healthline, mata belekan yang disebabkan infeksi virus seperti adenovirus dan herpes biasanya sembuh setelah diobati selama seminggu sampai dua minggu.

Sedangkan mata belekan karena infeksi bakteri Staphylococcus aureus atau Streptococcus pneumonia biasanya sembuh setelah diobati selama beberapa hari. Gejala penyakit umumnya sudah hilang dalam waktu 10 hari.

Baca juga: 7 Penyebab Mata Berdarah dan Faktor Risikonya

Cara mengobati mata belekan

Cara mengobati mata belekan perlu disesuaikan akar penyebabnya. Dilansir dari Cleveland Clinic, berikut beberapa di antaranya:

  • Untuk mata belekan karena infeksi bakteri, dokter bakal meresepkan obat antibiotik berupa obat tetes mata, salep, atau obat yang diminum. Ingat, pastikan untuk menggunakan obat sesuai yang sudah diresepkan, meskipun gejala penyakit rasanya sudah sembuh dalam beberapa hari
  • Apabila penyebab mata belekan berasal dari infeksi virus, dokter biasanya menganjurkan penderita untuk menggunakan obat tetes mata selama beberapa kali sehari. Jika mata terasa mengganjal atau bengkak, kompres kelopak mata dengan es batu yang dibungkus waslap atau handuk kecil
  • Bersihkan kotoran mata belekan dengan waslap basah atau tisu secara berkala. Jangan lupa untuk cuci tangan sebelum dan sesudah memegang area mata
  • Selama proses penyembuhan, upayakan untuk menjaga kebersihan. Mata belekan bisa menular ketika kuman biang penyakit di mata tak sengaja berpindah ke tangan yang jarang dibersihkan. Untuk itu, sering cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau gunakan hand sanitizer
  • Hindari menggunakan produk riasan mata dan lensa kontak yang kemungkinan sudah terpapar kuman penyebab belekan. Bersihkan juga kacamata dengan sabun dan air mengalir untuk mencegah kontaminasi kuman

Baca juga: 9 Cara Mengatasi Mata Perih, Jangan Sembarangan Dikucek

Kapan perlu waspada dengan mata belekan?

Seperti yang sudah disinggung di atas, mata belekan umumnya sembuh dalam hitungan hari atau maksimal dua minggu.

Apabila beragam cara mengobati mata belekan di atas sudah dicoba tapi penyakit ini tak kunjung sembuh, ada baiknya Anda berkonsultasi lagi ke dokter.

Terutama jika kondisi mata belekan sangat sakit, menyebabkan pandangan kabur atau gangguan penglihatan lainnya, mata sangat merah, gejala tidak berkurang setelah diobati selama seminggu, dan kondisi sangat parah.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Cepat

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com