Kompas.com - 11/05/2022, 21:15 WIB

KOMPAS.com - Mata belekan bisa menyebabkan penderitanya merasakan gejala mata merah, berair, dan mengeluarkan kotoran berlebihan.

Dilansir dari All About Vision, mata secara alami bakal mengeluarkan kotoran seperti belek yang terdiri atas lendir, minyak, sel kulit mati, dan kotoran lainnya.

Kotoran mata yang lengket, kering, atau berkerak ini bakal menumpuk di sudut mata saat Anda tidur.

Baca juga: Bukan Doyan Mengintip, Ini 7 Penyebab Bintitan

Namun, produksi belek yang berlebihan terlebih jika berwarna kehijauan atau kekuningan, dan disertai sakit mata bisa jadi tanda infeksi.

Cara mengobati mata belekan ini perlu disesuaikan akar penyebab mendasarnya. Sebelum mengenali beberapa di antaranya, ketahui dulu beberapa penyebabnya.

Penyebab mata belekan

Dilansir dari laman resmi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), ada beberapa penyebab mata belekan yang paling umum, di antaranya:

  • Infeksi bakteri

Mata belekan karena infeksi bakteri biasanya ditandai dengan keluarnya belek kental dan lengket yang membuat kelopak mata saling menempel. Terkadang, penyakit ini dibarengi infeksi lain seperti dari bagian telinga.

  • Infeksi virus

Mata belekan karena infeksi virus biasanya muncul dari satu mata, lalu menular ke mata sebelahnya dalam hitungan hari. Kotoran mata karena infeksi virus biasanya cenderung lebih encer dan tidak lengket. Terkadang, penyakit ini juga dibarengi infeksi lain seperti flu, salesma, atau infeksi pernapasan.

Baca juga: 7 Cara Mengobati Mata Bintitan dengan Cepat

  • Alergi

Mata belekan karena alergi gejalanya muncul di kedua mata, disertai rasa sangat gatal, sakit, dan mata membengkak. Terkadang, alergi ini juga disertai bersin-bersin, hidung gatal, sakit tenggorokan, atau asma.

  • Paparan iritan

Beberapa zat yang tak sengaja masuk ke mata seperti produk perawatan kulit atau produk kecantikan, terkadang bisa menyebabkan iritasi. Biasanya, mata belekan karena iritan cenderung berair dan tidak lengket.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.