Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Meringankan Gejala Menopause dengan Perubahan Pola Makan

Kompas.com - 14/05/2024, 05:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Gejala menopause umumnya muncul beberapa bulan atau tahun sebelum seorang wanita mengalami henti haid.

Gejala menopause dapat berupa perubahan siklus menstruasi, keputihan, rambut rontok, payudara kendur, perubahan psikologis, insomnia, penurunan libido, jantung berdebar, pusing, dan berkeringat di malam hari.

Baca juga: Kolesterol Tinggi Bisa Sebabkan Gejala Menopause Berat

Kondisi tersebut umumnya mengganggu aktivitas para wanita dan menimbulkan perasaan tidak nyaman.

Akan tetapi, wanita dapat meringankan gejala menopause dengan perubahan pola makan. Berikut penjelasannya.

Bagaimana cara meringankan gejala menopause pada wanita?

Dikutip dari The Guardian, dan spesialis menopause lanjut Dr Claire Phipps menjelaskan bahwa wanita yang mengalami gejala menopause perlu mengonsumsi makanan yang bervariasi serta yang mendukung kesehatan tulang dan jantung.

“Bayangkan gaya makan Mediterania, dengan banyak ikan berminyak, biji-bijian, kacang-kacangan, buah dan sayuran, lemak baik (alpukat, minyak zaitun, misalnya), dan protein dan susu untuk mendukung kepadatan tulang. Kesehatan yang baik pada tahap kehidupan ini paling baik dicapai melalui pola makan dibandingkan suplemen,” katanya.

Phipps juga merekomendasikan untuk mengonsumsi suplemen vitamin D dan magnesium karena dapat membantu mengatasi insomnia saat masa menopause.

Selanjutnya, Phipps menyarankan agar mengonsumsi sumber lemak sehat untuk memberi nutrisi pada mikrobioma usus. Sedangkan, lemak jenuh dan lemak trans yang ditemukan dalam makanan olahan dan gorengan sebaiknya dihindari.

Kemudian, wanita yang mengalami gejala menopause juga bisa mengonsumsi makanan fermentasi, seperti kimchi dan asinan kubis yang mengandung probiotik.

Baca juga: 7 Gejala Pra-menopause, Beda dari Perimenopause Sebelum Menopause

Selanjutnya, wanita yang mengalami perimenopause sebaiknya menggunakan rempah-rempah saat memasak untuk menunjang kesehatan.

Untuk diketahui, kayu manis dapat menurunkan gula darah, kunyit mencegah peradangan, cabai untuk metabolisme, dan jahe bermanfaat dalam mengatasi mual.

Tips meringankan gejala menopause pada wanita selanjutnya yaitu mengonsumsi beragam sayuran untuk mencukupi kebutuhan vitamin, antioksidan, dan mineral.

Terakhir, wanita yang mengalami gejala menopause perlu menghindari mengonsumsi minuman beralkohol, kafein, dan soda karena memicu kenaikan berat badan dan gangguan tidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com