Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Bekas Jerawat Susah Hilang? Simak Faktanya...

Kompas.com - 03/09/2023, 20:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memiliki bekas jerawat di wajah yang tak kunjung hilang terkadang dapat mengganggu penampilan dan membuat penasaran. Kira-kira, mengapa bekas jerawat susah hilang?

Untuk diketahui, sebagian bekas jerawat sebenarnya bisa hilang sendiri. Namun, proses perbaikan kulit ini acapkali membutuhkan waktu yang lama.

Agar problem kulit ini bisa lekas berlalu, ada beberapa perawatan atau cara menghilangkan bekas jerawat yang efektif. 

Sebelum menyimak beberapa di antaranya, ada baiknya Anda mengenali dulu penyebab bekas jerawat susah hilang.  

Baca juga: Mitos atau Fakta, Lemon Bisa Menghilangkan Bekas Jerawat?

Mengapa bekas jerawat susah hilang?

Alasan kenapa bekas jerawat susah hilang disebabkan parahnya tingkat peradangan di kulit saat jerawat muncul. Semakin parah peradangan jerawat, bekas jerawat yang muncul akan semakin susah dihilangkan. 

Dilansir dari Healthline, penyebab bekas jerawat muncul lantaran peradangan di kulit yang berjerawat meninggalkan lesi atau bekas luka yang perih, bengkak, kemerahan, atau dalam (bopeng). Beberapa kondisi di atas bisa merusak lapisan kulit dan kolagen di bawahnya.

Proses ini terjadi secara alami ketika lesi atau luka jerawat sembuh. Tubuh akan memproduksi kolagen untuk memperbaiki bagian-bagian sel yang rusak.

Nah, produksi kolagen yang terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat meninggalkan bekas jerawat yang menonjol atau dalam.

Baca juga: Beda Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam dan Merah yang Tepat

Berapa lama bekas jerawat hilang?

Dikutip dari Medical News Today, bekas jerawat yang muncul bisa hilang sendiri dalam waktu beberapa bulan sampai tahun, tergantung tingkat keparahannya.

Namun, jenis jerawat bopeng atau boxcar tidak bisa hilang sendiri. Anda perlu telaten menjalani perawatan perawatan khusus agar bekas jerawat berbentuk kawah atau cekungan ini pudar sampai hilang. 

Untuk itu, pastikan Anda mengobati jerawat sedini mungkin. Dengan begitu, bekas jerawat termasuk bopeng yang susah dihilangkan bisa dicegah.

Selain itu, hindari kebiasaan memencet jerawat. Karena kebiasaan ini dapat menimbulkan bekas luka yang dalam dan susah dihilangkan.

Baca juga: 8 Makanan untuk Membantu Menghilangkan Jerawat, Ada Brokoli dan Anggur

Cara menghilangkan bekas jerawat yang ampuh

Setelah mengetahui penyebab bekas jerawat susah hilang, Anda bisa mempelajari dan mencoba cara menghilangkan bekas jerawat yang tepat. Melansir beberapa sumber, berikut beberapa di antaranya:

  • Perawatan kulit di rumah

Cara yang pertama adalah cara yang paling praktis karena bisa Anda lakukan di rumah. Perawatan kulit ini meliputi penggunaan tabir surya secara rutin dan menggunakan obat penghilang bekas jerawat berupa krim wajah yang mengandung asam azelaic atau asam hidroksil.

  • Treatment suntik kolagen

Menyuntikkan kolagen, lemak, atau zat lain di bawah kulit dapat membuat kulit menjadi kenyal dan menyamarkan bekas luka. Namun hasil perawatan ini hanya sementara, sehingga  diperlukan perawatan berulang untuk mempertahankan efek tersamarnya noda bekas jerawat. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com