Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Lemon Bisa Menghilangkan Bekas Jerawat?

Kompas.com - 30/08/2023, 07:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Beberapa orang penasaran, apakah lemon bisa menghilangkan bekas jerawat di wajah?

Seperti diketahui, munculnya noda hitam bekas jerawat di wajah memang menganggu penampilan.

Tak pelak, beberapa orang ingin melakukan perawatan dan pengobatan yang bisa menghilangkan bekas jerawat secara alami dan cepat.

Untuk menjawab rasa penasaran di atas, simak penjelasannya lewat artikel berikut ini. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi secara Medis dan Alami

Apakah lemon bisa menghilangkan bekas jerawat?

Sayangnya, lemon belum tentu efektif menghilangkan bekas jerawat, karena ada efek samping dan penelitian manfaat bahan alami ini untuk mengatasi bekas jerawat masih sangat terbatas.

Dilansir dari American Academy of Dermatology, penyebab bekas jerawat yang kentara secara alami berasal dari proses penyembuhan kulit setelah munculnya jerawat.

Nah, bekas jerawat ini sebenarnya dapat hilang dengan sendirinya. Namun, butuh waktu lama sampai berbulan-bulan atau dua tahun.

Untuk mempercepat proses penyembuhan bekas luka ini, sejumlah orang memilih perawatan dan pengobatan untuk membantu menghilangkan bekas jerawat, salah satunya dengan bahan alami seperti lemon.

Perlu diketahui, buah lemon memang mengandung banyak vitamin C dan zat aktif yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati, mencerahkan kulit, dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

Sayangnya, bukti ilmiah untuk mendukung cara menghilangkan bekas jerawat dengan lemon masih sangat sedikit atau minim. Dengan kata lain, belum ada penelitian ilmiah yang sahih membuktikan manfaat lemon untuk bekas jerawat.

Selain itu, menggunakan lemon untuk menghilangkan bekas jerawat cenderung menimbulkan lebih banyak efek samping untuk kesehatan kulit.

Mengingat risikonya lebih banyak dibandingkan manfaatnya, ada baiknya Anda menimbang ulang atau berkonsultasi kepada ahli jika ingin menggunakan bahan alami ini untuk menghilangkan bekas jerawat.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam Lebih Cepat

Apa saja efek samping menghilangkan bekas jerawat dengan lemon?

 

Beberapa orang yang sudah menjajal bahan alami ini untuk menyamarkan noda bekas jerawat mungkin penasaran, mengapa setelah memakai lemon bekas jerawat menjadi hitam?

Perlu diketahui, lemon memiliki kandungan asam sitrat yang memberi efek rasa asam yang kuat. Nah, segala sesuatu yang sifatnya sangat asam bisa menimbulkan reaksi apabila  langsung diaplikasikan pada kulit wajah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com