Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Obat Penghilang Bekas Jerawat Alami yang Patut Dijajal

Kompas.com - 10/09/2023, 20:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemilik wajah cenderung berminyak dan berjerawat tentunya mendambakan kulit bersih dan bebas masalah kulit ini. 

Nah, beberapa bahan-bahan sederhana ternyata potensial digunakan sebagai obat penghilang jerawat alami yang membantu membuat kulit lebih sehat. 

Dilansir dari WebMD, bekas jerawat memang bisa hilang dengan sendirinya, tapi terkadang memerlukan waktu yang cukup lama.

Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena hal ini dapat diatasi. Selain menggunakan skincare, Anda juga dapat memanfaatkan bahan alami yang praktis. 

Baca juga: Mengapa Bekas Jerawat Susah Hilang? Simak Faktanya...

Obat penghilang bekas jerawat alami

Untuk Anda yang tertarik mencoba cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan memanfaatkan bahan-bahan sederhana. Dilansir dari berbagai sumber, berikut obat penghilang bekas jerawat alami yang bisa dijajal:

  • Madu Manuka

Madu maduka termasuk bahan alami yang bisa dijadikan obat penghilang bekas jerawat. Madu ini memiliki sifat antibakteri, antiseptik, dan bisa membantu eksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati.

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan madu manuka bisa dengan mengoleskannya sedikit ke bekas jerawat. Setelah dioles, biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas. Lakukan pengobatan alami ini setiap hari atau dua hari sekali.

Anda juga bisa mengencerkan madu dengan air murni agar tidak terlalu lengket dan lebih mudah saat dibilas nanti. 

  • Minyak Rosehip

Minyak rosehip merupakan hasil ekstraksi dari buah tanaman mawar (rose hip atau rose haw). Minyak ini dikenal memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi, sehingga kerap dipakai sebagai bahan aktif skincare untuk menghilangkan bekas jerawat.

Minyak rosehip kaya akan antioksidan, terutama vitamin C yang bisa membantu merangsang kulit wajah untuk memperbaiki bagian yang rusak secara alami. Minyak rosehip juga mengandung asam linoleat, asam oleat, dan asam linolenat yang bisa mengobati bekas luka.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa produk yang mengandung minyak biji rosehip dapat mengurangi jerawat dan bekas jerawat serta membuat kulit tidak terlalu berminyak. Asam linoleat dalam minyak biji rosehip mengurangi lesi jerawat. 

Cara penggunaan bahan alami ini bisa dengan mengoleskannya pada bekas jerawat. Lakukan dua kali sehari sampai terlihat perubahan. Penelitian menunjukkan bahwa pemakaian obat alami ini akan terlihat sekitar 6 hingga 12 minggu, asalkan teratur digunakan.

  • Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kulit karena mengandung antioksidan vitamin E yang tinggi.

Pemakaian minyak kelapa akan memberikan efek melembapkan pada kulit wajah. Terdapat tes laboratorium yang menunjukkan bahwa efek tersebut dapat membantu menyembuhkan bekas luka lebih cepat, termasuk bekas jerawat.

Ditambah lagi, minyak kelapa juga mengandung asam lemak yang mendorong reproduksi sel. Salah satu asam lemak tersebut bernama monolaurin yang sudah terbukti bisa melindungi kulit dari bakteri, dan dapat mengecilkan bekas jerawat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com