Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Manfaat Akupunktur untuk Wanita Setelah Melahirkan

Kompas.com - 14/09/2023, 17:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Akupunktur adalah teknik pengobatan tradisional asal Tiongkok yang dilakukan dengan cara menusukkan jarum kecil pada titik-titik tertentu di tubuh.

Akupunktur dikenal luas sebagai alternatif pengobatan untuk meredakan nyeri kronis, migrain, asma, masalah kesehatan mental seperti depresi dan gangguan cemas, hingga mengatasi insomnia.

Selain itu, akupunktur ternyata juga memiliki manfaat untuk wanita setelah melahirkan. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui manfaat tersebut.

Baca juga: 4 Manfaat Laser Akupunktur untuk Terapi Spastisitas Cerebral Palsy

Manfaat akupunktur

Dokter spesialis akupunktur medik, dr. Irma Nareswari, B.Med.Sc., Sp.Ak., SubSp. Ak-AA(K), menjelasan dua manfaat yang bisa didapatkan para ibu pasca persalinan, yaitu untuk menurunkan berat badan (BB) dan meningkatkan produksi air susu ibu (ASI).

  • Akupunktur untuk menurunkan berat badan ibu setelah melahirkan

Pada umumnya berat badan yang tidak ideal setelah melahirkan bisa membuat seorang wanita menjadi tidak percaya diri dan memengaruhi kebahagiaan.

“Metode akupunktur ini unik dan menjadi salah satu alternatif yang baik untuk mengembalikan berat badan pasca melahirkan,” kata Irma, dikutip dari Antara, Senin (11/9/2023).

Irma melanjutkan, target penurunan berat badan yang dapat dilakukan dengan akupunktur yaitu 500 gram per minggu.

“Target penurunan berat badan yang dapat dilakukan dengan akupunktur itu setengah kilogram per minggu dengan penurunan totalnya lima sampai 10 persen dari berat badan,” ujar dokter yang berprakter di RS Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) tersebut.

Dilansir dari studi yang diterbitkan dalam Medical Acupuncture, metode pengobatan akupuntur yang dikombinasikan dengan diet 2000 kalori dan jalan kaki 15 menit setiap hari membantu menurunkan berat badan.

Dalam riset tersebut, peneliti membuktikan bahwa sesi akupuntur 15 menit sehari membantu para wanita untuk menurunkan berat baan hingga 4,5 kilogram.

Para wanita yang melakukan sesi akupuntur juga mengalami penurunan nafsu makan yang turut membantu mencapai berat badan yang ideal.

Baca juga: 7 Manfaat Akupuntur, Atasi Sakit Kepala hingga Efek Kemoterapi

  • Akupunktur dapat melancarkan ASI

Selain menurunkan berat badan, dokter Irma juga mengatakan bahwa akupunktur terbukti dalam melancarkan produksi ASI.

“Memang akupunktur sendiri sudah banyak sekali penelitiannya terbukti dapat membantu memperbaiki kondisi produksi ASI yang menurun,” ungkap Irma.

Dilansir dari Mayo Clinic, cara lain untuk melancarkan ASI yaitu:

Melakukan inisiasi menyusui dini (IMD) segera setelah melahirkan untuk membangun ikatan dengan bayi. Dengan IMD si kecil juga bisa mendapat asupan kolostrum yang tinggi nutrisi.

Perhatikan perlekatan, usahakan seluruh bagian puting masuk ke dalam mulut bayi. Hal ini agar anak tidak menelan udara terlalu banyak.

  • Tawarkan ASI sesering mungkin atau pompa ketika bayi sedang tidur atau ibu sedang bekerja.
  • Konsumsi makanan bergizi dan seimbang serta mencukupi kebutuhan hidrasi.
  • Istirahat atau tidur cukup agar busui tidak kelelahan.
  • Hindari stres dengan melakukan hobi dan berolahraga.
  • Konsumsi vitamin dan makanan pelancar ASI sesuai saran dokter.

Setelah menyimak manfaat akupunktur untuk wanita setelah melahirkan, Anda dapat menjajal terapi ini. Namun, usahakan untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com