Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Pria Wajib Pakai Sunscreen? Begini Penjelasan Dokter

Kompas.com - 30/09/2023, 12:01 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Bicara soal perawatan kulit, sebagian orang mungkin berpikir bahwa kebiasaan ini hanya perlu dilakukan oleh para wanita.

Faktanya, pria juga perlu merawat kulit wajah dan anggota tubuh yang lain agar terhindar dari penuaan serta penyakit berbahaya, seperti kanker.

Salah satu perawatan kulit yang perlu dilakukan pria setiap hari adalah mengaplikasikan sunscreen atau tabir surya.

Artikel ini akan membahas alasan mengapa pria wajib pakai sunscreen menurut ahli atau dokter spesialis kulit.

Baca juga: 3 Perbedaan Sunblock dan Sunscreen, Jangan Salah Kaprah Lagi…

Mengapa pria wajib memakai sunscreen?

Dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Pandu Pradana Sp.KK menjelaskan bahwa menggunakan sunscreen atau tabir surya perlu dilakukan para pria untuk menghambat proses penuaan.

Selain itu, manfaat sunscreen juga bisa melindungi kulit dari pajanan sinar matahari yang bisa memicu kanker.

"Menggunakan tabir surya bukan hanya menghambat proses aging, masalah kulit paling fatal adalah kanker kulit," kata Pandu, dilansir dari Antara, Jumat (29/9/2023).

Pajanan sinar ultraviolet dari matahari yang berlebih dapat berpotensi menimbulkan kanker kulit jika tidak dilindungi dengan tabir surya, terlebih pada kulit yang lebih terang.

Orang dengan kulit sawo matang juga perlu mengaplikasikan sunscreen setiap hari untuk mencegah terjadinya kulit terbakar.

Dokter lulusan Universitas Indonesia itu lantas memberi tips memilih sunscreen. Menurut Pandu, saat memilih produk tabir surya yang harus diperhatikan adalah kandungan sun protection factor atau SPF.

Baca juga: Tips Memilih Sunscreen untuk Wajah Berminyak dan Berjerawat

Untuk di negara tropis seperti Indonesia Indonesia, sunscreen dengan kandungan SPF 30 sudah cukup untuk melindungi kulit dari paparan sinar.

Selain SPF, Anda juga perlu memilih sunscreen yang memiliki kandungan PA++ sebagai proteksi terhadap paparan UV A dan UV B untuk mencegah penuaan dan kulit terbakar.

"Selain melindungi kulit dari sunburn (terbakar matahari) juga melindungi kulit dari penuaan dan tentunya ada anti oksidan di dalam tabir surya untuk melindungi kulit dari blue light (sinar biru) layar ponsel walaupun kadarnya tidak terlalu signifikan," tambah Pandu.

Selain sunscreen, apa perawatan kulit yang perlu dilakukan pria?

Selain menggunakan tabir surya atau sunscreen, pria juga dianjurkan melakukan serangkaian perawatan kulit lainnya, termasuk:

  • Rajin membersihkan wajah dengan produk facial wash untuk mengangkat sisa kotoran dan minyak di wajah
  • Menggunakan produk pelembap untuk mengaja kelembaban kulit
  • Melakukan eskfoliasi wajah dalam 2-3 kali seminggu untuk mengangkat sisa-sisa kotoran dan sel kulit mati
  • Menggunakan pisau cukur yang tepat untuk mencegah alergi dan iritasi kulit.

Baca juga: 7 Cara agar Kulit Tidak Belang, Tak Hanya Pakai Sunscreen

Setelah mengetahui alasan mengapa pria wajib pakai sunscreen setiap hari dan tips perawatan kulit lainnya, Anda tak perlu ragu untuk memakai produk skincare ini.

Anda bisat memilih produk sunscreen dalam bentuk lotion, gel, stick, hingga spray sesuai kebutuhan atau rekomendasi dokter untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultra-violet (UV).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com