Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Olahraga Saat Cuaca Panas Menurut Dokter

Kompas.com - 09/10/2023, 14:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Melakukan aktvitas olahraga saat cuaca panas umumnya boleh dilakukan.

Namun, olahraga saat udara sedang panas juga dapat memicu seseorang mengalami beberapa masalah kesehatan, mulai dari dehidrasi hingga heatstroke.

Dehidrasi bisa terjadi saat seseolah melakukan aktivitas olahraga saat cuaca panas terutama jika tidak menyiapkan air minum untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuhnya.

Selain itu, melakukan olahraga saat cuaca panas juga dapat memicu heatstroke. Dilansir dari P2PTM Kemkes, heatstroke adalah kondisi saat tubuh tidak dapat mengontrol suhu badan.

Heatstroke mengakibatkan peningkatan suhu tubuh secara drastis hingga mencapai 40 derajat celsius atau lebih, terjadinya pendarahan seperti mimisan, luka memar, bengkak paru, dan adanya tanda-tanda dari gagal ginjal akut.

Artikel ini akan memaparkan secara singkat beberapa tips melakukan olahraga saat cuaca panas yang perlu Anda ketahui.

Baca juga: 10 Akibat Malas Olahraga untuk Kesehatan

Tips olahraga saat cuaca panas

Dokter spesialis patologi klinik Dr. dr. Astuti Giantini, Sp.Pk(K), MPH menjelaskan beberapa tips olahraga saat cuaca panas, yaitu:

  • Pastikan tubuh tetap terhidrasi

Tips pertama berolahraga saat cuaca panas menurut dokter Astuti yaitu memastikan tubuh tetap terhidrasi atau mendapat cairan yang cukup.

Konsumsi air, baik air mineral maupun minuman berelektrolit berguna untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan saat melakukan olahraga di cuaca panas.

  • Perhatikan teknik saat berolahraga

Tips berikutnya, Astuti mengimbau untuk memperhatikan teknik saat berolahraga, seperti olahraga berlari agar meminimalisir risiko cedera.

Seseorang dapat kehilangan fokus saat kekurangan cairan tubuh dan lupa untuk mengaplikasikan teknik berolahraga yang tepat.

  • Lakukan pemanasan sebelum berolahraga

Direktur Utama Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) itu juga mengingatkan agar selalu melakukan gerakan pemanasan sebelum olahraga.

Pemanasan perlu dilakukan dahulu agar tubuh tidak kakus dan lebih leluasa bergerak, serta mencegah cedera.

Baca juga: 5 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga, Termasuk Mencegah Cedera

Olahraga di luar ruangan saat kondisi cuaca tidak menentu seperti ini tetap diperbolehkan. Namun, sebaiknya lakukan olahraga di waktu-waktu tertentu saat cuaca lebih sejuk, seperti pagi hari sebelum pukul 10:00, sore, atau malam hari.

Berolahraga di waktu yang tepat penting dilakukan supaya tubuh tidak terlalu banyak kehilangan cairan karena cuaca yang panas

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com