Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menjaga Kesehatan Mental, Termasuk Berolahraga

Kompas.com - 10/10/2023, 15:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

Sumber NHS,WHO

KOMPAS.com - Tanggal 10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia yang merupakan momen terbaik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia tentang pentingnya kesehatan mental.

Pasalnya, kesehatan mental tidak kalah penting dengan kesehatan fisik karena akan sangat memengaruhi bagaimana Anda menghadapi situasi tertentu, berinteraksi dengan orang lain, dan menentukan pilihan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental, seperti melakukan aktivitas yang disukai, berinteraksi dengan orang-orang terdekat, dan melakukan mindfulness.

Untuk lebih jelasnya, ketahui cara menjaga kesehatan mental yang bisa dilakukan berikut ini.

Baca juga: Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, Kenali 8 Masalah Kesehatan Mental Berikut

Cara menjaga kesehatan mental

Disarikan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan NHS, berikut adalah beberapa cara menjaga kesehatan mental yang bisa dilakukan.

  • Berinteraksi dengan orang lain

Berinteraksi dengan orang lain, seperti dengan teman, keluarga, dan rekan kerja, dapat meningkatkan suasana hati serta meringankan beban yang dirasakan.

Hubungan sosial yang baik juga akan mendukung kesehatan mental karena dapat membuat Anda merasa lebih berharga dan mendapatkan serta memberikan dukungan yang diperlukan.

Anda bisa mulai dengan meluangkan waktu untuk bertemu dengan teman untuk sekadar makan siang bersama dan menghindari penggunaan gawai ketika sedang berbincang.

  • Menjaga kesehatan fisik

Kesehatan fisik yang terjaga tidak hanya akan menghindarkan Anda dari berbagai penyakit, namun juga akan membantu untuk meningkatkan kesehatan mental.

Menghabiskan setidaknya 30 menit olahraga dalam sehari, seperti melakukan yoga, berjalan kaki, atau sekadar menari, dapat membuat tubuh sehat secara fisik dan mental.

Meskipun begitu, Anda juga perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi dan mendapatkan tidur yang cukup di malam hari.

Baca juga: 6 Cara agar Tidak Burnout, Kelelahan Mental karena Bekerja

  • Melakukan aktivitas yang disukai

Melakukan aktivitas yang disukai, seperti memasak dan bermain dengan hewan peliharaan, dapat membuat Anda merasa lebih bahagia sehingga kesehatan mental juga akan lebih terjaga.

Selain melakukan aktivitas yang disukai, Anda juga bisa mencoba untuk mempelajari hal-hal baru untuk meningkatkan kemampuan.

  • Berbagi dengan orang lain

Berbagi dengan orang lain merupakan tindakan baik yang sudah terbukti dapat berdampak positif pada kesehatan mental.

Selain berbagi dengan orang lain, Anda juga bisa melakukan tindakan kecil yang dapat memberikan kebahagian pada orang lain, seperti mengucapkan terima kasih dan memberikan dukungan pada teman yang membutuhkan.

Baca juga: 8 Efek Kerja Tanpa Libur untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com