Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Saat Udara Dingin Kulit Tidak Mengeluarkan Keringat?

Kompas.com - 11/11/2023, 18:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat suhu udara sekitar naik, tubuh secara alami bakal mengeluarkan keringat untuk menjaga tubuh agar tetap sejuk dan tidak kepanasan.

Namun, berbeda dari ketika cuaca panas, saat kondisi udara dingin dan suhu sekitar menurun, kulit tidak mengeluarkan keringat.

Untuk mengetahui alasan mengapa saat udara dingin kulit tidak mengeluarkan keringat, Kamu bisa menyimak penjelasannya lewat artikel di bawah ini.

Baca juga: Kenapa Saat Badan Panas Tubuh Merasa Kedinginan?

Mengapa saat udara dingin kulit tidak mengeluarkan keringat?

Disarikan dari Healthline dan National Geographic, alasan mengapa saat udara dingin kulit tidak mengeluarkan keringat yakni karena saat udara dingin tubuh akan memberikan respons fisiologis yang berbeda untuk mempertahankan suhu inti tubuh agar tetap stabil.

Oleh karena itu, pada kondisi tersebut, tubuh akan mengurangi pelepasan panas melalui keringat.

Tubuh tidak berkeringat saat cuaca dingin salah satunya karena saat mengeluarkan keringat, tubuh bakal merasa lebih dingin.

Hal tersebut bisa terjadi karena, keringat yang menguap dari kulit akan menghilangkan sensasi panas dari tubuh dan menurunkan suhu tubuh.

Baca juga: Penyebab Badan Tiba-tiba Menggigil Kedinginan

Selain itu, tubuh juga memiliki mekanisme bawaan yang disebut vasokonstriksi yang membantu menjaga darah hangat tetap dekat dengan inti tubuh.

Saat cuaca dingin, pembuluh darah di kulit akan menyempit, sehingga mengurangi aliran darah ke permukaan kulit.

Kondisi ini dapat membantu menghemat panas dan mencegah kehilangan panas yang berlebihan.

Sebaliknya, dalam kondisi cuaca panas, pembuluh darah dapat melebar sehingga akan lebih banyak darah mengalir ke permukaan tubuh dan menyebabkan hilangnya panas melalui keringat.

Setelah mengetahui penjelasan mengapa saat udara dingin kulit tidak mengeluarkan keringat di atas, Kamu kini bisa lebih memahami bahwa kondisi tersebut adalah respons alami tubuh  yang normal.

Baca juga: Mengapa Tubuh Menggigil Ketika Kedinginan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com