Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Badan Tiba-tiba Menggigil Kedinginan di Malam Hari?

Kompas.com - 14/10/2023, 20:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menggigil biasanya terjadi saat tubuh kedinginan. Tapi, ada sebagian orang yang merasakan badan tiba tiba menggigil kedinginan di malam hari tanpa sebab jelas. 

Dilansir dari Cleveland Clinic, sebenarnya mengigil adalah tanda bahwa tubuh kita sedang berupaya mengatur suhu intinya.

Agar suhu kembali stabil, tubuh bakal gemetaran, bergoyang-goyang, menggigil, atau gigi gemeretak. Respons tubuh ini tak disengaja, jadi tubuh tidak mengendalikannya secara sadar.

Untuk mengenal lebih jelas fenomena tubuh ini, kenali alasan di balik kenapa badan tiba-tiba menggigil kedinginan di malam hari lewat artikel berikut.

Baca juga: Penyebab Badan Tiba-tiba Menggigil Kedinginan

Kenapa badan tiba tiba menggigil kedinginan di malam hari?

Alasan kenapa badan tiba-tiba menggigil di malam hari tidak selalu terkait penyakit, tapi bisa juga karena kondisi tertentu.

Melansir Vinmec  dan Theraflu, berikut ini beberapa kemungkinan penyebab badan tiba-tiba menggigil kedinginan di malam hari:

  • Kelelahan

Tubuh memiliki batas kekuatan dan butuh istirahat yang cukup untuk mempertahankan metabolisme yang menghasilkan panas dalam tubuh.

Ketika tubuh terlalu lelah, suhu tubuh Kamu otomatis akan turun untuk menghemat energi. Nah, kondisi ini bisa menyebabkan badan tiba tiba menggigil kedinginan di malam hari.

  • Hipotiroid

Badan tiba tiba menggigil kedinginan di malam hari juga bisa jadi gejala hipotiroid atau kekurangan hormon tiroid. 

Hormon ini penting untuk mengatur suhu tubuh. Ketika kadar hormon tiroid dalam darah rendah, tubuh tidak punya cukup energi untuk menghangatkan diri, sehingga badan bisa tiba tiba menggigil kedinginan di malam hari.

Baca juga: Mengapa Tubuh Menggigil Ketika Kedinginan?

  • Alergi atau reaksi obat tertentu

Beberapa orang merasakan meriang atau menggigil kedinginan sepert terkenai flu setelah minum obat tertentu.

Kondisi ini bisa jadi salah satu tanda-tanda alergi atau reaksi obat tertentu. Terkadang alergi dan reaksi obat yang ditandai dengan badan menggigil kedinginan ini sulit dibedakan. Jika Kamu mengalami efek obat ini, segera hubungi layanan kesehatan terdekat. 

  • Kondisi yang meningkatkan aktivitas sel darah putih

Sel darah putih adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh yang membantu melawan penyakit dan infeksi. Saat aktivitas sel darah putih meningkat, tubuh bakal melepaskan hormon yang membuat kedinginan, detak jantung naik, masalah suasana hati, dan sulit tidur.

Kondisi kesehatan yang meningkatkan aktivitas sel darah putih, meliputi reaksi alergi, penyakit autoimun (misalnya lupus dan rheumatoid arthritis), infeksi, dan kanker tertentu (misalnya limfoma dan leukemia)

  • Infeksi virus atau bakteri

Badan menggigil kedinginan di malam hari juga bisa menjadi tanda awal infeksi virus atau bakteri. Ketika tubuh menggigil disertai demam dan meriang, kemungkinan penyebabnya karena infeksi kuman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com