Kompas.com - 28/07/2020, 18:03 WIB
Ilustrasi kedinginan, menggigil. Ilustrasi kedinginan, menggigil.

KOMPAS.com - Badan tiba-tiba menggigil kedinginan bisa disebabkan pergantian antara kontraksi dan relaksasi otot yang cepat.

Melansir Healthline, kontraksi otot bisa terjadi sebagian bagian dari cara tubuh menghangatkan badan saat kedinginan.

Menggigil tidak selalu terkait dengan demam. Namun, kondisi ini juga kerap diawali dengan demam. Terutama saat tubuh terinfeksi kuman.

Badan tiba-tiba menggigil kedinginan bisa jadi masalah kesehatan serius dan tidak serius, tergantung penyebab yang mendasarinya.

Baca juga: Kenapa Saat Badan Panas Tubuh Merasa Kedinginan?

Berikut beberapa kemungkinan penyebab badan menggigil kedinginan:

1. Terpapar dingin

Anda bisa mengalami kedinginan saat berada di tempat yang sangat dingin seperti di gunung, kolam, atau di luar ruangan saat suhu udara sedang dingin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anda juga bisa kedinginan jika pakaian lembab atau basah. Kedinginan di dalam ruangan bisa disebabkan pendingin ruangan terlalu dingin atau ruangan tidak cukup panas.

Seiring bertambahnya usia, tubuh manusia lebih sulit mengatur suhu tubuh. Kondisi tersebut umumnya lebih parah dialami penderita penyakit jantung dan diabetes.

Badan tiba-tiba menggigil kedinginan ini umumnya bisa reda apabila tubuh sudah diberi penghangat.

Jika Anda menggigil parah saat terpapar udara sangat dingin, bisa jadi Anda mengalami komplikasi seperti hipotermia atau radang dingin. Kedua kondisi tersebut berpotensi serius.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X