Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknologi Canggih Pengaruhi Tren Kebugaran pada 2024

Kompas.com - 13/01/2024, 09:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Di awal tahun banyak orang yang membuat komitmen untuk memprioritaskan kesehatan dan bersemangat untuk menjalaninya.

Agar semangat itu tidak mudah paham, ketahui apa saja tren dan inovasi yang bisa kita pakai untuk mencapai target gaya hidup sehat.

"Teknologi, inovasi, dan konsep ilmu olahraga telah berkembang, menjanjikan tahun 2024 sebagai tahun yang tepat untuk fokus pada keinginan menjadi bugar dan menjalani kehidupan terbaik Anda,” kata Vice President, Sport Performance and Fitness Education Herbalife, Samantha Clayton, dalam siaran pers.

Berikut adalah beberapa prediksi tentang apa yang akan menjadi tren kebugaran di tahun 2024:

Baca juga: 4 Tips Jitu Mewujudkan Resolusi Sehat di Awal Tahun

- Gadget pelacak kebugaran
Gadget pelacak kebugaran terus berkembang. Teknologi baru tidak hanya mengeksplorasi seberapa banyak kita bergerak, tetapi juga seberapa banyak beristirahat, bagaimana denyut jantung berfluktuasi, dan banyak lagi.

Ada beberapa pelacak yang dapat dikenakan, termasuk jam tangan, gelang, dan aplikasi untuk membantu pengguna memahami kebiasaan gaya hidup mereka. Terdapat beragam pilihan sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

Meskipun tidak ada algoritma yang sempurna dan 100 persen akurat, penelitian menunjukkan bahwa orang yang menggunakan gadget pelacak cenderung lebih bertanggung jawab dan berolahraga lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak menggunakannya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Olahraga Kardio untuk Diet, Termasuk untuk Pemula

Pilates adalah salah satu jenis olahraga yang baik untuk ibu hamil muda. Ibu bisa melakukannya sekali seminggu untuk membangun kekuatan dan keseimbangan.FREEPIK/YANALYA Pilates adalah salah satu jenis olahraga yang baik untuk ibu hamil muda. Ibu bisa melakukannya sekali seminggu untuk membangun kekuatan dan keseimbangan.

- Personalisasi didorong oleh kecerdasan buatan (AI)

Pengalaman kebugaran yang dipersonalisasi akan menjadi mega tren dalam beberapa tahun ke depan.

Dikombinasikan dengan perangkat pelacak, AI merevolusi pemrograman olahraga untuk membantu membimbing penggunanya menuju target kebugaran pribadi.

Baca juga: 7 Jenis Olahraga untuk Ibu Hamil yang Aman, Ada Pilates dan Renang

- Pilates
Pilates sudah ada sejak tahun 1920-an tetapi karena sangat efektif, pilates menjadi tren yang terus ada.

"Selama beberapa tahun terakhir, kita juga menyaksikan perpaduan olahraga yang menyenangkan yang menggabungkan tinju dan Pilates (Piloxing), latihan beban dan Pilates, serta kelas kombinasi yang menggunakan gaya matras dan reformer," kata Samantha.

- Olahraga lari untuk kesehatan jantung

Berlari adalah latihan yang luar biasa untuk membangun kebugaran jantung, daya tahan otot, dan kekuatan. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa manfaat lari bagi kesehatan mental sangat besar, terutama terkait dengan peningkatan suasana hati.

Di seluruh dunia, perlombaan lari dari 5K hingga full marathon mengalami lonjakan popularitas.

Baca juga: 4 Jenis Cedera yang Paling Sering Dialami Pelari

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com