Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Nanas Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah? Berikut Penjelasannya…

Kompas.com - 16/02/2024, 06:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Nanas adalah salah satu jenis buah yang memiliki banyak kandungan nutrisi. Namun, apakah nanas bisa menurunkan kadar gula darah?

Ternyata, nanas tidak bisa menurunkan kadar gula darah. Bahkan, dapat meningkatkan kadar gula darah jika dikonsumsi secara berlebihan.

Namun, penderita gula darah tinggi dapat mengonsumsi nanas dalam jumlah yang wajar dan menggabungkannya dengan makanan yang mengandung lemak sehat.

Untuk lebih jelasnya, ketahui efek nanas untuk gula darah, kandungan nutrisi nanas, dan cara mengonsumsinya berikut ini.

Baca juga: Minum Apa agar Gula Darah Turun? Berikut 6 Daftarnya…

Apakah nanas bisa menurunkan kadar gula darah?

Ternyata, nanas tidak bisa menurunkan kadar gula darah.

Dilansir dari Medical News Today, nanas memiliki indeks glikemik sebesar 66 sehingga dapat membuat kadar gula darah meningkat jika dikonsumsi secara berlebihan.

Penderita gula darah tinggi perlu membatasi konsumsi nanas karena tubuh mengalami kesulitan mengolah karbohidrat sehingga glukosa dalam darah akan meningkat.

Kadar gula darah tinggi yang berlangsung dalam waktu lama dan tidak segera diatasi dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan yang lebih serius, seperti kerusakan saraf dan ginjal.

Penderita gula darah tinggi tetap bisa makan nanas dalam jumlah yang wajar dan menggabungkannya dengan protein atau lemak sehat, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, untuk menurunkan efek sampingnya terhadap gula darah.

Pasalnya, nanas memiliki kandungan vitamin C, mangan, serat, vitamin A dan B, serta enzim bromelain yang sangat bermanfaat untuk kesehatan sehingga tetap dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Baca juga: Apakah Gula Darah Bisa Normal Tanpa Obat? Berikut Penjelasannya…

Kandungan nutrisi nanas

Nanas adalah salah satu jenis buah yang sangat baik untuk kesehatan.

Dilansir dari WebMD, kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah nanas per 250 gram, yakni:

  • Kalori: 82 gram
  • Protein 0,89 gram
  • Lemak: 0,20 gram
  • Karbohidrat: 22 gram
  • Serat: 2,3 gram

Selain tinggi akan vitamin C, nanas juga memiliki kandungan vitamin dan mineral lainnya, seperti:

  • Vitamin A, B6, E, dan K
  • Kalsium
  • Folat
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Kalium
  • Zinc

Penderita gula darah tinggi tetap dapat mengonsumsi nanas dalam jumlah yang wajar untuk mendapatkan berbagai jenis nutrisi di atas.

Baca juga: Apakah Orang dengan Gula Darah Tinggi Sudah Pasti Diabetes?

Cara mengonsumsi nanas untuk gula darah tinggi

Anda yang memiliki kadar gula darah tinggi perlu berhati-hati ketika mengonsumsi buah yang satu ini.

Tidak semua jenis nanas dapat dikonsumsi karena dapat meningkatkan kadar gula darah, khususnya nanas kalengan atau yang sudah diproses dan mengandung banyak gula.

Anda yang ingin makan nanas dapat memilih buah nanas segar dan tidak terlalu matang sehingga tetap aman untuk dikonsumsi.

Memahami apakah nanas bisa menurunkan kadar gula darah sangatlah penting agar Anda bisa melakukan membatasi jumlah yang dikonsumsi sehingga tidak berdampak negatif untuk kesehatan.

Meskipun dapat meningkatkan gula darah, Anda tetap dapat mengonsumsi buah ini dalam jumlah yang wajar karena memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan.

Baca juga: Gula Darah Tinggi Tidak Boleh Makan Apa? Berikut 6 Daftarnya…

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com