Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Harus Dilakukan jika Kadar Gula Darah Tinggi?

Kompas.com - 04/01/2024, 07:30 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Kadar gula darah tinggi atau hiperglikemia dapat memicu terjadinya masalah kesehatan yang lebih serius ketika tidak segera diatasi. Lalu, apa yang harus dilakukan jika kadar gula darah tinggi?

Ternyata, melakukan pola hidup sehat, seperti berolahraga dan makan makanan yang bernutrisi, dapat menurunkan gula darah tinggi secara alami.

Namun, terdapat perawatan gawat darurat yang bisa dilakukan untuk mengatasi hiperglikemia yang sudah serius, termasuk melakukan terapi insulin.

Untuk lebih jelasnya, ketahui cara menurunkan gula darah tinggi dan perawatan gawat darurat yang dapat diberikan berikut ini.

Baca juga: Apa Penyebab dari Gula Darah Tinggi? Berikut Penjelasannya…

Apa yang harus dilakukan jika kadar gula darah tinggi?

Kadar gula darah tinggi umumnya dapat diatasi dengan melakukan gaya hidup sehat dan pengaturan pola makan.

Disarikan dari Healthline dan Medical News Today, berikut adalah beberapa cara menurunkan gula darah tinggi secara alami yang bisa dicoba.

  • Mengurangi konsumsi karbohidrat

Karbohidrat dapat meningkatkan kadar gula darah jika dibandingkan dengan jenis makanan yang lainnya.

Namun, Anda diimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu ketika akan mengurangi jumlah karbohidrat yang dikonsumsi karena jenis diet ini belum tentu tepat untuk semua orang.

  • Memilih jenis karbohidrat yang tepat

Beberapa jenis karbohidrat, seperti gula dan pati, dapat meningkatkan kadar gula darah secara signifikan.

Namun, serat tidak dapat diserap dan dipecah oleh tubuh sehingga tidak akan berdampak negatif pada kadar gula darah sehingga Anda diimbau untuk menambah asupan serat dan mengurangi jenis karbohidrat lainnya.

Baca juga: 10 Cara Menurunkan Gula Darah yang Tinggi secara Alami

  • Menjaga berat badan agar tetap ideal

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat menurunkan sensitivitas insulin di dalam tubuh sehingga risiko diabetes tipe 2 dapat meningkat.

Memiliki berat badan yang ideal tidak hanya akan mendukung penampilan, tetapi juga akan membantu tubuh untuk menggunakan insulin dengan baik sehingga gula darah bisa berkurang.

  • Mengontrol porsi makan

Mengontrol porsi makan tidak hanya akan mendukung Anda untuk memiliki berat badan yang ideal, tetapi juga akan membantu untuk mengontrol kadar gula darah.

Namun, beberapa faktor akan menentukan besarnya porsi makan pada masing-masing individu, seperti berat badan, komposisi tubuh, dan tingkat aktivitas yang dilakukan, sehingga perlu dikonsultasikan dengan dokter.

  • Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur tidak hanya akan mendukung kesehatan secara umum, tetapi juga akan membuat kadar gula darah seimbang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com