Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buah Apa yang Bisa Menurunkan Gula Darah Tinggi?

Kompas.com - 08/01/2024, 18:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Mengatur asupan makanan sangatlah penting untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil, termasuk buah yang dikonsumsi. Namun, buah apa yang bisa menurunkan gula darah tinggi?

Ternyata, beberapa jenis buah dapat menurunkan dan menyimbangkan kadar gula darah dan mendukung kesehatan tubuh secara umum, seperti buah beri, alpukat, dan apel.

Untuk lebih jelasnya, ketahui beberapa jenis buah yang bisa menurunkan gula darah tinggi berikut ini.

Baca juga: Apa Ciri-ciri Kadar Gula Tinggi? Berikut Penjelasannya…

Buah apa yang bisa menurunkan gula darah tinggi?

Ternyata, ada beberapa jenis buah yang memiliki kandungan serat alami yang dapat mencegah kadar gula darah naik dan memperlambat proses penyerapan gula di dalam darah.

Disarikan dari Health dan Healthline, berikut adalah beberapa jenis buah yang bisa menurunkan gula darah tinggi yang bisa dikonsumsi.

  • Buah beri

Selain kaya akan serat, vitamin, mineal, dan antioksidan, ternyata beberapa jenis buah beri dapat meningkatkan kontrol glikemik di dalam tubuh.

Bahkan, makan buah beri sudah terbukti dapat menurunkan kadar insulin setelah makan dan kadar gula darah pada orang dewasa yang mengidap diabetes.

Pasalnya, buah beri memiliki kandungan serat tinggi yang dapat memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan jika Kadar Gula Darah Tinggi?

  • Buah alpukat

Buah alpukat memiliki kandungan karbohidrat yang rendah dan lemak sehat yang tinggi.

Kandungan yang dimilikinya ini sangat sesuai untuk penderita diabetes karena dapat meningkatkan kontrol glikemik dan mencegah kenaikan kadar gula darah.

Bahkan, buah alpukat sudah terbukti dapat mendukung kesehatan kadar gula darah dan kadar insulin sehingga sangat baik untuk penderita diabetes, khususnya diabetes tipe 2.

  • Buah jeruk

Buah jeruk memiliki indeks glikemik rendah (GI) dan kandungan nutrisi yang dapat mengurangi inflamasi serta mendukung kontrol glikemik yang sehat di dalam tubuh.

Mengonsumsi buah jeruk secara teratur juga dapat menurunkan kadar HbA1c pada penderita diabetes, menurunkan tekanan darah tinggi, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Buah jeruk juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk menurunkan risiko diabetes pada orang sehat.

  • Buah apel

Buah apel yang berukuran sedang memiliki kandungan serat sebesar lima gram, termasuk serat larut, yang dapat memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com