Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/02/2024, 10:30 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Kebutuhan akan layanan perawat ke rumah semakin berkembang di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan makin banyaknya rumah sakit atau lembaga swasta yang menyediakan layanan untuk melakukan jasa medis yang bisa ditangani perawat secara privat di rumah.

Jasa perawat medis ke rumah sebenarnya merupakan bagian dari homecare atau layanan kesehatan yang disediakan di rumah pasien. Jenis homecare sendiri bisa berupa tenaga dokter, perawat, atau fisioterapi.

Perawatan homecare yang lebih populer adalah perawatan untuk pasien stroke atau lansia. Namun, sebenarnya ada berbagai jenis perawatan medis yang bisa dilayani dengan perawat homecare.

CEO Perawathomecare, Pralampita Kori Mufidah mengatakan, di perusahaannya ada dua jenis layanan medis, yaitu perawat medis visit dan perawat medis inap.

Baca juga: Peran Penting Perawat Khusus Pasien Kanker

"Perawat medis visit menghadirkan perawat bersertifikasi yang dapat membantu ke rumah secara harian dengan kualifikasi memberi bantuan medis seperti pemasangan NGT, infus, kateter, pemasangan infus, hingga suntik injeksi," paparnya.

Ilustrasi caregiver melayani pasien secara privat di rumah.Dok perawathomecare Ilustrasi caregiver melayani pasien secara privat di rumah.

Sementara itu perawat medis inap biasanya dicari oleh pasien yang butuh perawatan lebih intensif yang memungkinkan perawat tinggal di rumah pasien untuk jangka waktu tertentu.

Jenis layanannya juga lebih mendalam, seperti pemasangan infus, lepas pasang chemoport, perawatan trakeostomi, dan masih banyak lagi.

Dibandingkan dengan rawat inap di rumah sakit, tentu saja ada perbedaan dengan jasa perawat homecare. Namun, bagi sebagian orang perawatan di rumah dirasa lebih nyaman karena dekat dengan keluarga sehingga bisa membantu proses pemulihan.

Baca juga: Ramai soal Infus Whitening Dilakukan di Rumah, Amankah untuk Tubuh?

Perawatan di rumah juga lebih menguntungkan pasien karen tidak perlu bolak-balik ke rumah sakit dan relatif lebih murah karena tidak perlu membayar biaya kamar untuk rawat inap.

Pralampita menambahkan, perawathomecare juga menyediakan layanan caregiver, yaitu perawat yang menangani pasien yang sedang masa penyembuhan di rumah.

"Caregiver yaitu perawat yng bertugas untuk membantu pasien melakukan aktivitas sehari-hari, seperti makan, mandi, olahraga ringan, dan menemani pasien," katanya.

Selain itu, jenis layanan privat lain yang digemari pelanggan adalah suntik vitamin C yang diklaim mampu meningkatkan imun tubuh.

Menurut CMO perawathomecare Hafidzah Laila Meidita, dalam sebulan pihaknya mendapat permintaan ratusan pasien untuk melakukan suntik vitamin.

"Selain dapat menjaga tubuh tetap fit, suntik vitamin C dapat mempercepat recovery pascasakit, menaikkan metabolisme tubuh, serta mencerahkan kulit," ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini layanan perawathomecare sudah menjangkau semua wilayah di Jabodetabek, Bandung, Semarang, dan Yogyakarta.

Baca juga: UMS Buka Program Studi S2 Fisioterapi Pertama di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com