Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/02/2024, 17:30 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Mayapada Healthcare Group terus memperkuat dan meningkatkan layanan unggulan penyakit kanker yang ada di seluruh unit Mayapada Hospital. Salah satunya dengan menyediakan pemeriksaan PET/CT Scan untuk diagnostik dan terapi kanker.

Hal tersebut disampaikan Chairman & Group CEO Mayapada Healthacare Group, Jonathan Tahir.

"Oncology center Mayapada Hospital memiliki layanan penanganan kanker secara menyeluruh. Untuk diagnosis maupun evaluasi terapi kanker, kami juga melayani pasien kanker yang membutuhkan layanan PET/CT Scan," katanya dalam keterangan pers.

Penyediaan layanan tersebut menggunakan radiofarmaka produksi Kalbe Farma Group.

Baca juga: Dukung Penanganan Kanker, Kalbe Bangun Produksi Radiofarmaka

 

Chairman and Group Chief Executive Officer (CEO) Mayapada Healthcare Group Jonathan TahirDok RS Mayapada Chairman and Group Chief Executive Officer (CEO) Mayapada Healthcare Group Jonathan Tahir

Dikutip dari Sains.Kompas.com, PET Scan (positron emission tomography) adalah tes pencitraan yang memungkinkan dokter memeriksa penyakit yang ada pada organ maupun jaringan tubuh Anda. Pemeriksaan ini menggunakan sinar radioaktif, dengan menyuntikkan cairan khusus yang mengandung zat radioaktif ke dalam tubuh.

Ketika terdeteksi oleh alat ini, maka pelacak yang ditanam tersebut akan membantu dokter melihat apakah organ dan jaringan tubuh bekerja dengan baik.

Baca juga: 3 Penyakit Ganas yang Bisa Dideteksi Melalui PET Scan

Pemeriksaan dengan PET/CT Scan dilakukan atas rekomendasi dokter. Misalnya untuk membantu mendeteksi kanker, melihat adanya penyebaran kanker, evaluasi hasil treatment, hingga evaluasi kekambuhan.

Selain untuk kanker, pemeriksaan ini juga bisa dipakai untuk mendeteksi penyakit jantung atau penyakit yang berkaitan dengan saraf dan otak.

Meski demikian, standar baku diagnostik kanker adalah berdasarkan hasil biospi dan pemeriksaan patologi anatomi.

Pemeriksaan lain yang bisa membantu dokter mendeteksi kanker antara lain pemeriksaan CT-Scan, MRI, USG, endoskopi, dan tentunya pemeriksaan kondisi klinis pasien.

Jonathan mengungkapkan bahwa layanan PET/CT Scan dengan radiofarmaka produksi Kalbe Farma Group diproyeksikan sudah dapat digunakan di kuartal satu tahun 2025. Ia berharap layanan ini nantinya dapat diakses oleh seluruh pasien, termasuk melayani pasien BPJS Kesehatan.

 Baca juga: Gandeng BPJS Kesehatan, Mayapada Hospital Mudahkan Akses Layanan Radioterapi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com