Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memiliki Pola Makan Sehat Tanpa Harus Diet

Kompas.com - 21/02/2024, 09:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Memiliki pola makan yang sehat tidak harus mahal, rumit, atau berpantang seperti halnya ketika sedang diet. Yang terutama adalah memilih jenis makanan dengan baik.

Apa yang kita makan menentukan status kesehatan. Pola makan yang sehat akan menurunkan risiko penyakit jantung, kegemukan, hingga mood yang stabil.

Jika kamu termasuk orang yang tidak ingin menjalani diet tapi ingin meningkatkan kesehatan, ikuti tips berikut ini.

1. Tambahkan warna dalam piring
Kadang-kadang kita terlalu fokus untuk menghindari semua makanan yang “tidak sehat” sehingga kita lupa akan tambahan makanan sehat yang bisa kita buat.

Para ahli menyebutkan bahwa pola makan modern kekurangan buah dan sayuran. Nah, kita bisa memulainya dengan menambah porsi sayuran di piring kita dan secara bertahap mengurangi karbohidrat. Ganti camilan asin dengan buah-buahan segar yang kaya warna.

Baca juga: 8 Buah Tinggi Antioksidan yang bisa Lawan Radikal Bebas

2. Perhatikan rasa lapar
Kita mungkin sudah sering mendengar "mindful eating" atau makan dengan berkesadaran dengan cara mendengarkan sinyal tubuh terhadap rasa lapar, kenyang, dan puas.

Mendengarkan sinyal tubuh dapat membantu mencegah kita makan berlebihan. Sayangnya, selama ini kita lebih memperhatikan sinyal eksternal, seperti melihat orang makan lalu kita juga ingin ikut makan.

Bila kita percaya pada tubuh kita, bahkan yang kita rasakan memang benar-benar lapar bukan karena sedang bosan, kita juga akan belajar untuk memahami sinyal kenyang.

Baca juga: Bagaimana Cara Melakukan Diet Defisit Kalori? Berikut Penjelasannya…

3. Ingatlah mikronutrisi
Isi piring kita setidaknya mengandung tiga makronutrisi, yaitu karbohidrat, lemak, dan protein. Namun jangan lupakan juga mikronutrisi, yaitu vitamin dan mineral, termasuk di dalamnya serat.

Cara paling gampang agar tidak makan berlebihan adalah memperbanyak serat karena ini akan membuat perut kenyang lebih lama. Makanan mengandung serat juga akan menyehatkan usus. Jenis serat yang dianjurkan tidak hanya sayur dan buah, tapi juga oat, kacang-kacangan, kedelai, serta serelia utuh (gandum utuh).

4. Batasi gula, garam, lemak
Mengubah begitu saja kebiasaan makan memang tidak mudah, karena itu lakukan secara bertahap. Mulailah dengan mengurangi jumlah gula yang diasup, mengurangi makanan yang asin, dan juga makanan tinggi lemak. Mulailah memilih makanan dengan sedikit zat tambahan atau rasa.

Baca juga: 9 Dampak Kelebihan Garam, Bisa Hipertensi dan Kanker

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com