Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Olahraga Berat Menyebabkan Stroke? Berikut Penjelasannya...

Kompas.com - 01/03/2024, 20:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

Sumber Today

KOMPAS.com - Penyebab stroke belum diketahui secara pasti. Namun, ada faktor risiko pemicu stroke, seperti pola makan, tingkat stres, mengidap diabetes atau penyakit jantung.

Selain itu, aktivitas fisik seperti olahraga yang terlalu berat ternyata bisa menjadi salah satu penyebab stroke.

Baca juga: Orang Stroke Sebaiknya Makan Apa? Ini Penjelasannya...

Penelitian yang diterbitkan European Heart Journal pada 2021, aktivitas fisik yang berat dalam sekali waktu bisa meningkatkan risiko stroke hemoragik, khususnya pendarahan intraserebral.

Kondisi ini terjadi akibat pecahnya pembuluh darah arteri di dalam otak.

Pendarahan intraserebral sering kali muncul secara tiba-tiba dan tanpa peringatan.

Orang yang terkena pendarahan intraserebral akan mengalami kesulitan berbicara, tubuh melemah, kelumpuhan di bagian tubuh tertentu, kesultan berjalan, napas tidak beraturan, pingsan, atau koma.

Selain karena aktivitas fisik yang berat, penelitian tersebut juga menyatakan faktor lain yang menyebabkan stroke, yaitu kemarahan atau gangguan emosi.

Ahli epidemiologi Universitas Nasional Irlandia, Andrew Smyth menyatakan kepada Today bahwa aktivitas fisik atau olahraga berat, kemarahan, dan gangguan emosi berpotensi menyebabkan stroke.

Pasalnya, ketiga hal tersebut berpotensi memicu peningkatan detak jantung, tekanan darah, dan perubahan hormonal yang mengubah aliran darah, seperti di otak.

Baca juga: Faktor Apa Saja yang Menyebabkan Stroke? Berikut 10 Daftarnya

Itu sebabnya, penting untuk mengelola kemarahan dan manajemen emosi agar tidak menjadi faktor pemicu terjadinya serangan stroke.

Setiap orang sebaiknya juga melakukan aktivitas fisik atau olahraga dengan intensitas dan porsi yang tepat sesuai anjuran dokter.

Meskipun demikian, tidak semua episode kemarahan, gangguan emosional, atau aktivitas fisik yang berat dapat menyebabkan stroke.

Serangan stroke bisa saja terjadi karena pola makan, obesitas, memiliki kolesterol tinggi, dan faktor keturunan atau genetik.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com