Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/11/2013, 10:22 WIB
Unoviana Kartika

Penulis


KOMPAS.com - Kebanyakan masyarakat selama ini masih menganggap kondom sebagai alat yang berhubungan erat dengan seks. Maka mengenalkan kondom dengan tujuan mencegah penularan HIV pada remaja dinilai bukanlah solusi yang tepat.

Kendati demikian, remaja bukan berarti termasuk ke dalam kelompok yang belum mengenal aktivitas seksual. Terbukti dari ditemukannya sejumlah kasus video asusila yang pelakunya anak remaja. Artinya, remaja pun sudah mengenal aktivitas seksual, meski bukan berarti semua remaja sudah melakukannya.

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Nasional Kemal Siregar mengatakan, sebagian remaja ada yang digolongkan ke dalam kelompok rentan. Alasannya, remaja dalam kelompok tersebut sudah mengenal aktivitas seksual, bahkan aktif melakukan hubungan seksual, terutama karena pengaruh lingkungan.

"Pada kelompok tersebut, seharusnya pengenalan kondom justru bisa melindungi mereka dari transmisi virus melalui hubungan seksual," ujarnya di sela-sela konferensi pers Pekan Kondom Nasional 2013, Kamis (14/11/2013) di Jakarta.

Kendati demikian, Kemal mengakui, tidak semua remaja cocok diberikan pendekatan pengenalan kondom. Pasalnya ada pula remaja yang masuk dalam kelompok umum, yaitu mereka dengan risiko sangat rendah hingga tidak berisiko.

Remaja dalam kelompok umum, kata dia, seharusnya diberi pendekatan melalui edukasi tentang pencegahan HIV dan AIDS secara berkesinambungan. Tujuannya, agar mereka bisa menjaga diri mereka sendiri tanpa melakukan aktivitas yang berisiko di kemudian hari.

Kemal menuturkan, edukasi yang dilakukan KPAN untuk kelompok tersebut bertajuk 'Aku Bangga Aku Tahu' yang meliputi pengetahuan apa itu HIV dan AIDS, cara penularan, faktor risiko, dan informasi-informasi lainnya yang berkenaan dengan infeksi tersebut.

Lebih lanjut dia menjelaskan, intervensi yang berbeda juga perlu dilakukan pada remaja yang menggunakan narkoba suntik. Bahkan ada pula remaja yang sudah masuk dalam populasi kunci, yaitu mereka yang benar-benar berisiko.

"Sebelum melakukan intevensi, perlu dikelompokan dulu mereka termasuk ke dalam kelompok mana. Ini karena setiap kelompok membutuhkan cara intervensi yang berbeda," jelasnya.

Menurut dia, generasi muda merupakan fokus penting dari KPAN karena kaitannya sangat erat bagi masa depan bangsa. Karena itu, KPAN akan terus melakukan edukasi dan program preventif agar mereka bisa menjadi generasi produktif, tanpa infeksi HIV dan penyakit menular seksual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com