Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita dengan Penyakit Jantung Lebih Berisiko Osteoporosis?

Kompas.com - 30/06/2015, 17:07 WIB
Dian Maharani

Penulis


KOMPAS.com – Wanita yang memiliki riwayat penyakit jantung, nampaknya harus lebih memperhatikan kesehatan tulangnya. Berdasarkan penelitian dari Southampton University, wanita yang sakit jantung lebih berisiko mengalami osteoporosis atau pengeroposan tulang. 


Penelitian menemukan, para pasien penyakit jantung memiliki tulang yang lebih lemah. Para peneliti menggunakan teknik scanning khusus yang disebut radius distal untuk melihat kepadatan tulang pasien jantung. Terlihat pada pergelangan tangan, pasien jantung memiliki kepadatan tulang yang rendah.

"Ini adalah salah satu studi pertama yang menggunakan teknologi itu untuk mengetahui geometri tulang, kepadatan dan struktur mikro pada pasien dengan penyakit jantung,” ujar Profesor Cyrus Cooper dari Southampton University seperti dikutip dari Mirror.co.uk.

Cooper mengatakan, temuan ini diharapkan dapat mengembangkan langkah pencegahan osteoporosis pada pasien yang memiliki riwayat penyakit jantung.

Temuan peneliti juga menunjukkan kepadatan mineral tulang lebih rendah pada mereka yang pernah mengalami angina, serangan jantung, dan gagal jantung. Namun, kaitan antara penyakit jantung dan kepadatan tulang ini lebih terlihat pada wanita.

Penyakit jantung dan osteoporosis selama ini adalah penyakit yang selalu dikaitkan dengan usia lanjut. Namun, kedua penyakit itu tak hanya disebabkan oleh faktor usia. Asisten peneliti dokter Julien Paccou mengatakan, perlu pemahaman lebih lanjut untuk meningkatkan kesehatan tulang pada pasien jantung.

Sayangnya, penelitian ini belum menjelaskan bagaimana kaitan antara penyakit jantung dan osteoporosis. Untuk itu, perlu penelitian lebih lanjut.

"Penelitian lebih lanjut juga diperlukan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik, yang menjelaskan hubungan antara osteoporosis dan penyakit jantung,” kata peneliti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com