Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tumbuh Otak di Hidung, Bayi Ini Dijuluki Pinokio

Kompas.com - 30/12/2015, 10:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber The Mirror

KOMPAS.com - Kondisi langka dialami Ollie Trezise, bayi laki-laki asal Weles, Inggris. Putra Amy Poole ini lahir dengan pertumbuhan otak di hidungnya. Ollie pun dijuluki pinokio di dunia nyata karena hidungnya terlihat mirip tokoh kartun itu.

Pertumbuhan otak yang tidak wajah itu sebenarnya sudah terlihat saat sang ibu melakukan pemeriksaan USG. Pada usia kehamilan 20 minggu, dokter melihat ada semacam jaringan lunak yang tumbuh di wajah Ollie.

Amy pun terkejut saat melahirkan Ollie di Cardiff University Hospital pada Februari 2014 lalu.
"Dia begitu kecil, tapi ada benjolan besar di hidungnya seperti bola golf. Awalnya saya tidak yakin bagaimana bisa mengatasi kondisi Ollie. Tapi, saya sadar mencintai Ollie, tak peduli dengan yang terlihat pada wajah Ollie," kata Amy.

Otak Ollie ternyata tumbuh melalui celah tengkorak di hidung. Kondisi ini disebut encephalocele. Pada awal kelahirannya, Ollie terpaksa menjalani sejumlah operasi agar hidungnya tetap bisa bernapas dengan baik.

Mulanya Amy ketakutan jika Ollie harus menjalani operasi. Namun, menurut dokter, jika tidak dioperasi, Ollie berisiko tertular infeksi atau terkena meningitis jika pertumbuhan otak terus mengganggu jalur pernapasan di hidung.

dok. Mirror.co.uk Amy Poole bersama anaknya, Ollie Trezise yang dijuluki pinokio karena pertumbuhan otak di hidung.
Akhirnya, pada November 2014, Ollie sukses menjalani operasi selama dua jam di Rumah Sakit Anak Birmingham. Dokter membuka tengkorak kepala Ollie dan membuang cairan berlebihan di otak.

"Setelah operasi, Ollie memiliki bekas luka zig-zag besar di kepalanya. Dia pasti telah dan merasa kesakitan, tapi Ollie terus tersenyum dan tertawa," jelas Amy.

Martin Evans dari Rumah Sakit Birmingham Anak mengungkapkan, kasus Ollie sangat langka dan ia hanya menemukan satu kasus per tahun. Martin mengaku senang, operasi Ollie berjalan sukses.

Namun, Ollie perlu kembali menjalani operasi karena ia terus mengalami pertumbuhan. Amy juga rutin membawa Ollie cek kesehatan di rumah sakit.

Setelah menjalani operasi, kini Ollie tumbuh seperti anak kecil lainnya. Menurut Amy, Ollie sangat ceria dan selalu membuatnya tertawa. Amy menganggap Ollie pinokio kecilnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com