Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Supermarket di AS Sediakan Fasilitas Fitness untuk Konsumen

Kompas.com - 16/06/2016, 20:52 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com - Toko pakaian dan alat olahraga seperti Athleta, Lululemon, dan Reebok mungkin saja menyingkirkan barang dagangan sementara dan menyediakan ruang buat olahraga konsumennya. Tetapi, mungkinkah supermarket meminggirkan sayur, buah dan daging untuk dijadikan tempat olahraga?

Supermarket seringkali juga menyediakan tempat untuk dry clean, tempat reparasi sepatu dan lain-lain untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Di Amerika Serikat supermarket bahkan menawarkan kelas olahraga di toko mereka. Mengapa demikian?

Ternyata, toko makanan tradisional belakangan ini kalah dengan toko diskon dan layanan antar. Begitu menurut Wall Street Journal. Semakin banyak orang memilih belanja ke Amazon Fresh dan FreshDirect untuk mendapatkan bahan makanan diantar langsung ke rumah.

Konsumen di AS juga memilih berlangganan snack dan layanan makanan siap masak seperti Blue Apron dan Purple Carrot.

Ide menjadikan supermarket sebagai tempat olahraga adalah untuk membuat orang menghabiskan waktu di tempat itu, bukan sekedar datang, belanja dan pulang.

Sesuatu yang menurut Jeff Turnas, Presiden 365 by Whole Food menjelaskan kepada Wall Street Journal, menjadi tempat hang out.

Untuk menjadi tempat hang out, beberapa supermarket memiliki bar minuman anggur hingga membuka sekolah memasak. Di tempat lain, ada yang menjadikannya tempat fitness.

ShopRite di Greater Morristown di New Jersey membanggakan dirinya memberikan pengalaman belanja yang tak ada duanya. Tempat itu memiliki klub kebugaran lengkap dengan ahli diet, ahli kecantikan, kelas zumba, barre dan yoga.

Di 2011 Whole foods meluncurkan pusat kebugaran di empat lokasi, menawarkan kelas fitness dan konsultasi gizi. Sedangkan toko di sejumlah lokasi, bekerja sama dengan gym setempat.

Pada 2014 Hannaford Supermarket yang berbasis di Albany membuka pusat kebugaran yang menawarkan jasa pelatih pribadi, ahli diet, dan sebuah gym kecil dilengkapi alat kardio, ruang zumba dan loker tanpa biaya tambahan.

Fasilitas kesehatan itu belum menyebar luas. Hal yang menarik dari kemudahan ini adalah pusat kebugaran menjadi sangat terjangkau untuk semua kalangan masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com