Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memperkaya Gizi Telur dengan Marigold

Kompas.com - 30/09/2011, 04:04 WIB

Nawa Tunggal

Tambahan pakan berupa tepung bunga dan daun tanaman marigold yang kerap jadi tanaman pagar berpengaruh terhadap kualitas telur ayam. Hasil penelitian dosen dan mahasiswa Institut Pertanian Bogor menunjukkan, tambahan itu membuat telur makin kaya vitamin A dan antioksidan. 

Pada dasarnya, jenis tanaman yang menghasilkan bunga berwarna kuning atau jingga kaya kandungan vitamin A dan beta karoten yang berfungsi sebagai antioksidan,” kata Dewi Sri Astuti, dosen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan pada Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (IPB), Kamis (22/9), di Bogor, Jawa Barat.

Marigold (Tagetes erecta) dikenal dengan nama lokal Sunda sebagai tahi kotok. Kotok artinya ayam, sehingga nama tanaman itu berkonotasi dengan aroma yang kurang sedap.

Menurut Dewi, tahi kotok sejenis dengan kenikir untuk sayur yang juga memiliki aroma kuat.

Selama ini, tanaman tahi kotok tumbuh liar dan tidak produktif. Sebagian penduduk menanam sebagai tanaman pagar karena kecerahan warna bunganya, yakni kuning dan jingga.

Dewi bersama lima mahasiswa, yakni Meta Asterizka, Yolanda, Liza Nur Aziza, Dara Okti Sari, dan Ivan Noveanto membuktikan manfaat tambahan pakan untuk ternak ayam petelur itu mulai April hingga Juli 2011.

Kombinasi efektif

Dari hasil uji coba, kombinasi tepung daun dan bunga tahi kotok paling efektif. Uji coba dengan empat perlakuan yang meliputi pakan kontrol, yaitu berupa pakan yang biasa dikonsumsi ayam petelur. Kemudian perlakuan pakan kontrol yang ditambah 5 persen tepung daun tahi kotok.

Berikutnya, pakan kontrol ditambah 5 persen tepung bunga tahi kotok. Terakhir, pakan kontrol ditambah tepung daun dan tepung bunga tahi kotok masing-masing 2,5 persen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com