Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penurun Kolesterol, Penguat Tulang

Kompas.com - 06/09/2012, 03:31 WIB

Oleh Sonya Hellen Sinombor

Teripang adalah salah satu biota laut. Selain dikenal sebagai bahan makanan sehat yang rendah kolesterol, teripang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Selain berpotensi menekan kadar kolesterol dalam darah, teripang juga bermanfaat menguatkan persendian. 

Demikian hasil penelitian Dr Ir Delianis Pringgenies, MSc, dosen Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro (Undip), Semarang, Jawa Tengah, bersama tim. Penelitian terhadap hewan laut berbentuk mirip mentimun ini diaplikasikan dalam bentuk suplemen ”Gametri”.

Selain menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida serta menguatkan persendian, menurut Delianis, teripang juga mencegah penyumbatan pembuluh darah dan peradangan, menormalkan kadar gula darah, merangsang pemulihan sel, serta berfungsi sebagai penghilang rasa sakit.

”Teripang merupakan bahan pangan yang dikonsumsi sejak zaman nenek moyang. Kaum Tionghoa di Indonesia meyakini, teripang sangat bermanfaat untuk kesehatan,” kata Delianis yang juga Kepala Pusat Penelitian Konsultasi dan Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Undip, Sabtu (11/8).

Khasiat teripang dibuktikan dari penelitian pada mencit. Semakin sering diberi teripang, semakin turun kadar trigliseridanya.

Menekan kolesterol

Menurut Delianis yang meneliti teripang sejak tahun 1994 dan membuat suplemen tahun 2009, makanan mengandung lemak akan meningkatkan kadar trigliserida dan kolesterol dalam darah.

Kelebihan kolesterol dalam tubuh akan diangkut lipoprotein densitas tinggi (HDL) ke hati untuk dikeluarkan melalui saluran empedu. Karena itu, HDL disebut sebagai kolesterol baik.

Makan teripang akan meningkatkan HDL. Teripang mengandung omega 3 dan omega 6 yang membantu meningkatkan pembakaran energi dan metabolisme sel serta menurunkan kolesterol, lipoprotein densitas rendah (LDL) alias kolesterol buruk, dan trigliserida.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com