Kompas.com - 22/08/2013, 11:32 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Rutin mengonsumsi buah merupakan cara untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan serat dan vitamin, serta menjauhkan penyakit dari tubuh. Bahkan, sebuah studi baru menemukan, diet buah-buahan dapat membantu mengurangi risiko seseorang mengalami penyakit aneurisma aorta perut.

Aneurisma aorta perut merupakan pelebaran daerah bawah aorta, pembuluh darah arteri yang berukuran besar dan terletak di sekitar perut. Jika tidak dirawat dan diobati secara benar, aorta pecah dan  mengakibatkan pendarahan yang berujung pada kematian.

Dalam studi baru yang dipublikasi dalam jurnal Circulation tersebut, para peneliti menganalisis lebih dari 80.000 orang yang berusia antara 46 dan 84 tahun asal Swedia. Para peserta kemudian diikuti dalam jangka waktu 13 tahun.

Dalam periode tersebut, ditemukan 1.100 peserta yang mengalami aneurisma aorta perut. Dan 222 di antaranya mengalami pecah aorta.

Setelah menganalisis kebiasaan makan peserta, para peneliti menemukan orang yang mengonsumsi dua sajian buah per hari memiliki risiko lebih kecil mengembangkan penyakit tersebut. Mereka menentukan risiko mereka yang makan buah 25 persen lebih kecil untuk mengalami aneurisma aorta perut, dan 43 persen lebih kecil untuk mengalami pecah aorta.

Para peneliti mengatakan, kandungan antioksidan yang ditemukan dalam buah dapat membantu melawan inflamasi. Itulah salah satu faktor penting untuk melindungi seseorang dari aneurisma aorta perut.

"Konsumsi buah secara rutin dapat membantu melawan banyak penyakit pembuluh darah, salah satu yang ditunjukkan oleh studi ini adalah untuk penyakit aneurisma aorta perut," ujar ketua studi Dr Otto Stackelberg, mahasiswa epidemiologi nutrisi dari Institute of Environmental Medicine di Karolinska Institute, Stockholm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber FOXNews
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.