Hubungan Sakit Gigi dan Diabetes

Kompas.com - 26/02/2014, 09:58 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorAsep Candra


TANYA :

Dok saya mau bertanya, saya menderita penyakit diabetes mellitus. Apakah sakit tersebut berpengaruh terhadap kesehatan gigi saya? Mengapa setiap menggosok gigi selalu berdarah. Padahal, saya sudah menggunakan pasta gigi yang dianjurkan. Selain itu, saya juga sudah menghindari makan yang dingin dan panas. Hampir semua gigi saya juga goyang dan mengalami bau mulut? Mohon penjelasannya.  Terima kasih.

(Muhammad Reza, 33, Langsa)

 

JAWAB :

Mas Reza di Langsa,

Diabetes mellitus dan kesehatan gigi sangat erat kaitannya, terutama dengan jaringan pendukung gigi.

Diabetes mellitus adalah kelainan metabolik kompleks yang ditandai dengan hiperglikemia kronis, yaitu pengurangan produksi insulin, terganggunya aksi insulin, atau kombinasi keduanya yang menghasilkan ketidakmampuan glukosa untuk ditransportasikan dari aliran darah ke jaringan tubuh. Mengakibatkan tingkat glukosa darah meningkat dan terjadi pengeluaran gula di urin.

Beberapa perubahan di dalam rongga mulut yang terjadi pada penderita diabetes antara lain, luka pada sudut mulut, mukosa mulut kering dan pecah-pecah, sensasi rasa terbakar pada mulut dan lidah, berkurangnya aliran ludah, serta terpengaruhnya jumlah bakteri di rongga mulut yang didominasi oleh Candida albicans, Streptococcus hemolitik, dan Staphylococcus. Peningkatan resiko gigi berlubang juga ditemukan pada pasien dengan diabetes tidak terkontrol.

Sedangkan perubahan pada jaringan pendukung gigi yang terjadi pada penderita diabetes antara lain, kecenderungan untuk terjadi pembengkakan gusi, polip gusi, proliferasi polip gusi, pembentukan abses, infeksi jaringan pendukung gigi (periodontitis), dan terjadi kehilangan gigi.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X