Kompas.com - 17/05/2014, 14:27 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Tulang merupakan struktur penting pembentuk rangka tubuh manusia. Oleh karena itu kita perlu menjaga kesehatannya agar tetap bugar dan aktif sampai usia senja.

Pengalaman ibunda yang mengalami sakit pada persendian dan tulang di usia tua membuat penyanyi Liza Natalia memilih menjalankan gaya hidup sehat. Ia yang kini juga menjalani profesi instruktur senam Zumba ini berolahraga minimal tiga kali sehari dan menjaga pola makannya.

"Saya tetap ingin sehat dan bugar sampai tua. Kuncinya rutin olahraga, menghindari rokok, dan menjaga pola makan," kata ibu dua anak yang selalu tampak bugar ini dalam sebuah acara media edukasi yang diadakan oleh suplemen kalsium Caltrate di Jakarta beberapa waktu lalu.

Tanpa menerapkan pola hidup yang sehat seseorang memang rawan keropos tulang atau osteoporosis, apalagi pada kaum wanita yang risikonya lebih besar dibanding pria.

Setiap orang akan kehilangan sebagian tulang mereka sejalan dengan pertambahan usia. Itu proses yang normal. Tapi, pada orang yang menderita osteoporosis, tulang mereka menipis dengan laju lebih cepat, menjadi keropos, dan gampang patah.

Risiko patah tulang akibat osteoporosis terutama terjadi pada tulang pinggul, tulang belakang, dan pergelangan tangan. Ini bisa dicegah jika sejak awal Anda memiliki "tabungan" tulang berupa kecukupan kalsium.

Asupan kalsium terlalu rendah berpengaruh besar karena mineral ini vital bagi bangunan tulang. Faktor lainnya adalah kekurangan vitamin D yang akan membantu tubuh menyerap kalsium.

Menurut dr.Cindiawaty Pudjiadi, spesialis gizi klinik, kalsium bermanfaat untuk menjaga struktur dan kekuatan tulang, mengatur kontraksi otot termasuk otot jantung, penghantaran saraf, maupun pembekuan darah.

"Tetapi perlu diketahui bahwa kalsium tidak optimal bagi kesehatan tulang jika tidak diimbangi dengan nutrisi lainnya yang berguna bagi tulang," katanya dalam kesempatan yang sama.

Asupan nutrisi lain yang diperlukan antara lain vitamin D, magnesium, seng, tembaga, dan juga mangan. "Masing-masing nutrisi ini punya peran untuk menjaga dan memelihara kesehatan tulang kita," ujarnya.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.