Kompas.com - 26/05/2014, 11:20 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Setiap perokok sebenarnya tahu kebiasaan mereka sama sekali tak punya manfaat bagi kesehatan. Akan tetapi, sebagian besarnya berusaha meyakinkan diri bahwa mereka hanya merokok sesekali dan suatu saat pasti bisa berhenti.

Asap rokok mengandung sekitar 4.000 jenis bahan kimia, termasuk macam-macam racun dalam takaran sangat kecil, seperti arsenikum, formaldehida, dan sebagainya. Pada tiap isapan, racun-racun ini masuk melalui paru-paru yang menahan sekitar 90 persen senyawa itu, kemudian meneruskannya ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah.

Sebuah video secara jelas menunjukkan bagaimana bentuk paru setelah terpapar 60 batang rokok. Seorang guru di Yan Chai Hospital Tung Chi Ying Memorial School, Hongkong, membuat video ini karena prihatin dengan kebiasaan merokok murid-muridnya.

Dalam video tersebut digunakan paru babi yang dimasukkan ke dalam kotak kaca tertutup. Melalui pipa, dialirkan asap rokok yang dinyalakan di luar kotak kaca. Sebanyak 60 batang rokok dipakai dalam uji coba ini, kemudian dibandingkan antara paru yang belum terpapar rokok dengan paru yang terkena asap rokok.

Secara kasatmata dapat terlihat bagaimana paru yang terpapar asap rokok mengalami perubahan warna. Paru yang sehat berwarna merah muda, sementara paru yang kena asap rokok berwarna kuning kecoklatan. Selain itu, bagian pipa udara atau trakea paru berubah menjadi kecoklatan dan tersumbat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Dailymail

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.