Kompas.com - 30/06/2014, 13:55 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Makanan seringkali menjadi pemicu datangnya diare. Namun berbeda dengan diare yang disebabkan infeksi bakteri, diare yang disebabkan makanan bisa dikarenakan dua hal, yaitu alergi terhadap jenis makanan tertentu dan ketidakmampuan mencerna atau yang dikenal dengan istilah intoleransi makanan. Lantas apa perbedaan keduanya?

Dokter pakar imunologi Iris Rengganis mengatakan, alergi maupun intoleransi makanan sama-sama menimbulkan reaksi setelah mengasup makanan tertentu. Reaksinya pun terkadang hampir sama, seperti diare, sehingga tak jarang keduanya salah diidentifikasi.

"Untuk membedakannya, kita bisa lihat gejala yang terjadi di samping diare itu," kata dokter dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini saat diwawancarai belum lama ini di Jakarta.

Bila terjadi alergi, gejala yang menyertai biasanya terjadi bentol pada kulit, gatal, bahkan sesak napas. Sementara bila intoleransi makanan, gejala yang terjadi biasanya hanya di sekitar pencernaan.

Namun Iris menegaskan, untuk memberikan diagnosis yang tepat, perlu dilakukan tes alergi untuk mengetahui pemicu alergi dan reaksinya. Bila hanya terjadi di sekitar pencernaan maka kemungkinan itu adalah intoleransi makanan.

Alergi, jelas dia, merupakan reaksi antigen atau antibodi yang ada di tubuh terhadap protein yang terdapat dalam makanan. Sementara intoleransi makanan adalah ketidakmampuan usus untuk memecah enzim dengan baik. Efek keduanya bisa berupa diare.

"Meskipun keduanya berbeda, namun sama-sama perlu dicegah, yaitu dengan dihindari pemicunya," ucap Iris.

Bila tidak dihindari pemicunya, dikhawatirkan alergi maupun intoleransi akan bertambah parah dan mengakibatkan penurunan kualitas hidup yang signifikan. Alergi maupun intoleransi makanan yang sudah sampai tahap lanjut pun memerlukan pengobatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.