Kompas.com - 24/02/2015, 07:25 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Ketika sedang sakit, terkadang makanan yang membuat kita nafsu makan adalah makanan yang justru membuat kondisi Anda semakin parah. Misalnya saja semangkuk mi instan pedas atau es krim.  Padahal, apa yang kita makan bisa berpengaruh pada cepat lambatnya proses penyembuhan.

Berikut beberapa penyakit umum dan pendapat ahli mengenai makanan yang bisa membantu mempercepat pemulihan.

Sakit seluruh badan
Makanan yang bisa meringankan rasa nyeri pada tubuh tergantung pada penyebabnya. "Untuk nyeri otot secara umum, makanan mengandung magnesium atau kalsium bisa meringankan sakitnya," ujar internis di Orange Coast Memorial Medical Center di Fountain Valley, Kristine Arthur.

Makanan yang mengandung magnesium termasuk kacang-kacangan, pisang, sayuran hijau, dan alpukat. Pangan berkalsium tinggi seperti salmon kaleng, yogurt, sayuran hijau gelap, dan jus jeruk berkalsium juga mampu mengurangi kram otot dan rasa sakit.

Minuman mengandung alkohol dan kafein dapat membuat Anda dehidrasi, hingga memperburuk nyeri otot pada tubuh.

Sakit kepala
Arthur mengungkapkan bahwa dehidrasi mejadi pemicu utama sakit kepala. Karenanya, obati dahulu penyebabnya dan lihat apakah itu bisa meredakan sakit Anda. Air putih dan cairan lainnya menjadi pilihan utama.

"Minum sebotol air putih dan tunggu 20 menit apakah Anda merasa baikan atau tidak," ujar Arthur. Kafein diketahui bisa membuat Anda dehidrasi, namun sebenarnya bisa membantu dalam porsi sedikit. Namun pada tiap secangkir teh atau kopi, setarakan dengan minum air putih untuk menghindari dehidrasi," lanjutnya.

Makanan pemicu sakit kepala meliputi pemanis buatan, MSG, keju berusia lama yang mengandung tyramine, ditambah cokelat, anggur merah, hot dog, daging deli, dan buah kering.

Sakit kuping
Sakit kuping biasanya disertai gejala lainnya. "Jadi ini tidak berkaitan dengan makanan pada umumnya," ujar Arthur. Penyakit ini sering terjadi seiringan dengan infeksi pernapasan, namun makanan tertentu bisa membantu mengurangi rasa sakitnya.

Cairan bening dan sup ayam layak dicoba untuk mengurangi rasa tersumbat dengan melonggarkan saluran hidung. Pangan mengandung omega-3 bisa dijumpai pada salmon dan kacang-kacangan, yang mampu mengurangi peradangan.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Healthland
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.