Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Muda Sering Lupa, Mungkinkah Gejala Alzheimer?

Kompas.com - 11/04/2015, 14:00 WIB
Dian Maharani

Penulis


KOMPAS.com - Pikun atau penurunan kemampuan kognitif merupakan salah satu gejala penyakit alzheimer. Penyakit ini umumnya menyerang pada usia di atas 60 tahun. Namun, jika pelupa saat masih muda, apakah termasuk gejala alzheimer yang harus diwaspadai? Misalnya, lupa meletakkan sesuatu dan lupa menepati janji.

Dokter spesialis saraf Yuda Turana mengatakan, jika masih muda sudah pelupa belum tentu alzheimer yang termasuk penyakit demensia.

"Orang masih muda yang punya keluhan sering lupa belum tentu demensia. Bisa jadi gangguan memori, bisa gangguan atensi karena brain overload," kata Yuda di Jakarta beberapa waktu lalu.

Yuda menjelaskan, brain overload yaitu ketika informasi yang diterima otak terlalu banyak atau penuh. Bisa terjadi karena banyak pekerjaan, banyak pikiran, sehingga otak mengalami gangguan memori.

"Bisa karena deperesi otak, otak stres. Pada usia  muda kita berpikir itu dulu sebelum demensia," kata Yuda.

Untuk itu, otak juga perlu rileks ketika beban pikiran sudah berat. Bagaimana dengan usia muda yang sudah terkena alzheimer? Menurut Yuda hal itu bisa saja disebabkan oleh faktor genetik. Namun, biasanya dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat. Hindari merokok, konsumsi makanan sehat, latih otak secara terus menerus agar otak tetap sehat hingga tua.

Alzheimer merupakan penyakit yang membuat seseorang mengalami penurunan daya ingat hingga gangguan mental. Belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit ini sehingga membuat pasien alzheimer mengalami penurunan kualitas hidup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com