Kompas.com - 21/05/2015, 13:14 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi
KOMPAS.com - Bagi sejumlah orang, penggunaan kaca mata sebagai alat bantu penglihatan, tidaklah praktis. Bahka,n merasa mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebagai gantinya, lensa kontak pun dipilih. 

Penggunaan lensa kontak memang lebih menyenangkan bagi kebanyakan orang. Setidaknya, yang paling dirasakan, tidak membuat telinga terasa pegal atau sakit karena harus menyangga gagang kacamata. Tetapi, dibalik kenyamanannya, lensa kontak juga bisa menimbulkan sejumlah risiko. Terlebih bila pemakaian dan perawatannya tidak tepat. 

Spesialis di rumah sakit Moorfields Eye mencatat peningkatan infeksi mata di antara pengguna lensa kontak. Bakteri, jamur, dan mikroorganisme lain dapat berisiko menempel di lensa kontak yang dapat menimbulkan nyeri, iritasi, maupun bahaya lainnya. 

Itu sebabnya, para ahli mewanti-wanti pengguna untuk memberi perhatian ekstra terhadap lensa kontak. Berikut adalah hal yang sebaiknya dilakukan maupun tidak dilakukan oleh pengguna lensa kontak. 

Jangan menggunakan lensa kontak saat tidur. Kebanyakan lensa kontak tidak dirancang untuk kondisi ini dan penggunaan lebih lama dapat memperburuk kornea, lapisan transparan yang melindungi mata. Sehingga membuat lebih rentan terhadap infeksi. 
 
Tidak mandi atau berenang memakai lensa kontak. Air dapat membawa dan menyebarkan infeksi yang jarang, tetapi berbahaya yang disebut acanthamoeba keratitis. Bakteri yang dibawa oleh air dan kuman lainnya seperti acanthamoeba, dapat menempel pada lensa kontak selama berenang dan menyebabkan infeksi. 
 
Bersihkan lensa dengan tepat. Penting untuk melakukan desinfektan, karena mencegah organisme berbahaya menumpuk di lensa. Cara mendesinfektan lensa, rendam dalam larutan di tempat penyimpanan sesuai dengan jumlah waktu yang direkomendasikan. 
 
Larutan desinfektan yang sudah dipakai, jangan digunakan kembali atau ditambahkan. Larutan tersebut, harus dibuang dan diganti dengan larutan baru setiap kali lensa disimpan. Disarankan, untuk menggunakan produk perawatan lensa kontak yang direkomendasikan oleh dokter dan ikuti instruksinya secara hati-hati. 
 
Untuk tempat penyimpanan lensa, cuci dengan bersih dengan larutan lensa kontak dan biarkan terbuka, agar kering setelah digunakan setiap hari. Tempat tersebut sebaiknya diganti setiap bulannya.  
 
Saat melakukan perawatan dan ketika akan menggunakan lensa kontak, pastikan tangan Anda bersih. Cuci dan keringkan tangan secara menyeluruh, sebelum memegang lensa kontak untuk mencegah penyebaran kuman 
 
Jangan direndam dalam air. Jangan tergoda untuk merendam lensa kontak dalam air di dalam gelas. Mengingat air tetap bisa membawa bakteri yang berbahaya bagi mata. Jangan pula, mengelapnya dengan air liur Anda. Selain jijik (tentu saja), air liur bukan cara higienis untuk membersihkan atau membasahi lensa Anda. 
 
Ekstra hati-hati saat memasang dan melepas lensa kontak. Berhati-hati untuk tidak memegang lensa kontak atau mata, menggunakan kuku jari. Jangan pula, lensa kontak tertukar antara yang sebelah kanan dan kiri. Agar tidak salah, biasakan untuk memasang dan melepaskan lensa yang sama pertama kali. 
 
Sebelum memasang lensa, cek bila ada kerusakan dan perhatikan bagian luar-dalam. Lensa semestinya berbentuk seperti cup dengan ujung lensa mengarah keluar. 
 
Bersihkan lensa dengan larutan saline atau conditioning (tergantung dari jenis lensanya) dan letakkan di ujung telunjuk dari tangan dominan. Tarik kelopak mata bawah dengan jari tengah dari tangan dominan dan angkat kelopak mata atas menggunakan tangan lain, lalu secara perlahan letakan lensa pada mata tanpa berkedip. 
 
Ketika lensa sudah di mata, pejamkan mata secara perlahan dan berkediplah beberapa kali secara lembut, hingga lensa mulai terasa nyaman. 
 
Untuk melepaskan lensa kontak, posisi dagu ke bawah dan pandangan ke arah atas. Posisi kelopak mata atas dan bawah, ditarik terpisah dengan cara serupa seperti sebelumnya. Lalu geser lensa kontak ke bagian putih mata. Secara perlahan jepit lensa dengan ibu jari dan telunjuk, tidak dengan kuku jari. 
 
Untuk melepaskan lensa keras, letakkan jari tangah dan jari manis di ujung luar mata dan tarik kelopak mata ke arah telinga, berkedip, lensa semestinya keluar. Simpan lensa kontak dengan tepat di tempat penyimpanan. 
 
Segera ke dokter. Bila mata merah atau terasa tidak enak, segera lepaskan lensa kontak dan berkonsultasi dengan dokter.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.