Kompas.com - 02/11/2015, 08:00 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Berapa pun usia Anda, tidur nyenyak sepanjang malam dengan durasi 7-8 jam sangatlah penting. Kualitas tidur bukan hanya berpengaruh pada performa kita esok hari, tapi juga suasana hati.

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, bukan cuma durasinya saja yang penting, tapi ada tidaknya gangguan yang membuat kita harus sering terbangun dari tidur.

Menurut penelitian tim dari Johns Hopkins University, orang yang bangun beberapa kali saat tidur malam cenderung akan bangun dengan suasana hati yang tidak baik keesokan harinya.

Kesimpulan tersebut merupakan hasil dari tiga eksperimen yang melibatkan 62 pria dan wanita sehat yang dibagi dalam tiga malam: pertama terbangun saat tidur, kemudian waktu tidur lebih larut, dan terakhir adalah tidur sepanjang malam tanpa gangguan. Ketiga kelompok ini memiliki jam tidur 8 jam.

Hasilnya, pada orang yang tidurnya lebih larut dan juga tidur dengan beberapa kali terbangun sama-sama mengalami mood yang kurang baik di pagi harinya.

"Saat tidur terganggu sampai bangun, Anda akan kehilangan kesempatan untuk melanjutkan fase tidur agar mendapatkan tidur gelombang pendek yang sangat penting untuk perbaikan sel-sel," kata Dr.Patrick Finan, peneliti.

Mereka yang sering terbangun di malam hari antara lain penderita diabetes melitus yang bisa lebih dari dua kali buang air kecil saat malam, orang yang insomnia, atau pun orang yang punya kebiasaan berjalan sambil tidur.

Orang yang sering terbangun saat malam akan memiliki periode singkat dari fase tidur gelombang pendek atau sering disebut tidur dalam.

Pada fase tidur ini aktivitas otak dan otot berkurang drastis sehingga tubuh bisa memulihkan dirinya. Tanpa mendapatkan kesempatan ini kita akan terbangun dengan energi yang sedikit dan suasana hati lebih buruk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.