Kompas.com - 23/02/2016, 07:20 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Anak dan remaja yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas beresiko tiga kali lebih besar menderita tekanan darah tinggi dibandingkan dengan anak yang bobot tubuhnya normal.

Hal yang harus diwaspadai orangtua adalah tekanan darah tinggi pada anak yang obesitas terjadi dalam waktu yang cepat. Menurut penelitian waktunya bisa terjadi dalam 3 tahun.

Menurunkan berat badan memang tidak mudah, karena itu orangtua disarankan memperhatikan pola makan dan pola aktivitas buah hatinya untuk mencegah terjadinya obesitas.

Penelitian mengenai obesitas dan hipertensi pada anak ini dilakukan Emily Parker dan timnya yang melibatkan 100.000 anak berusia 3-17 tahun.

Tekanan darah tinggi pada anak bisa merusak fungsi ginjalnya dan meningkatkan risiko diabetes melitus, kolesterol dan trigliserida tinggi, serta penyakit perlemakan hati.

Meski demikian, pada anak-anak tekanan darah tinggi bisa cepat dinormalkan jika berat badan mereka sudah mulai turun. Pada saat itu pula risiko penyakit terkait hipertensi bisa hilang.

Namun, jika berat badan anak tetap, maka hipertensi juga tetap terjadi dan cenderung meningkat jika bobot tubuh anak terus bertambah.

Penurunan berat badan bisa dicapai dengan pola makan kaya serat seperti buah dan sayuran, bulir padi utuh, dan juga aktif bergerak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.