Kompas.com - 20/04/2016, 14:30 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan RI bekerja sama dengan Nutrifood menggelar deteksi dini diabetes di 25 pasar tradisional binaan PD Pasar Jaya wilayah DKI Jakarta pada 25 April-30 Mei 2015.

Para warga bisa melakukan pemeriksaan gula darah gratis sesuai jadwal yang telah ditentukan di masing-masing pasar.

"Pengunjung pasar dan penjualnya, ayo periksa. Jangan sampai takut enggak mau periksa. Lebih baik diabetes diketahui sejak dini," ujar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan Lily S Sulistyowati dalam acara "Jakarta Lawan Diabetes" di Pasar Mayestik, Jakarta Selatan, Rabu (20/4/2016).

Lily mengatakan, banyak warga yang tak sadar terkena dibetes dan baru sadar setelah terjadi komplikasi. Jika diketahui lebih dini, apalagi pada fase pre-diabetes, bisa dicegah menjadi diabetes. Pengobatan yang dilakukan lebih dini pun bisa mencegah terjadinya komplikasi.

Kepala Dinas DKI Jakarta Koesmesi Priharto menambahkan, diabetes menempati urutan kelima penyakit tidak menular di Jakarta. Menurut Koesmedi, penyakit ini paling besar diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

"Kita makannya enggak baik, masih merokok, enggak olahraga, itu menyebabkan penyakit tidak menular," kata Koesmedi.

Koesmedi pun mengingatkan bahaya penyakit diabetes yang bisa menyebabkan komplikasi. Hal ini tidak bisa dianggap sepele, karena bisa terjadi penyakit yang lebih parah, seperti jantung, stroke, dan ginjal.

Selain pemeriksaan gula darah, warga juga bisa melakukan pemeriksaan tekanan darah dan indeks massa tubuh. Ketiga pemeriksaan tersebut guna mengetahui risiko penyakit tidak menular, seperti diabetes, hipertensi, jantung, dan stroke.

Selain itu, di 152 pasar wilayah DKI Jakarta juga dipasang poster berisi edukasi hidup sehat dan cara mencegah diabetes. 

Berikut jadwal pemeriksaan kesehatan gratis di 25 pasar wilayah DKI Jakarta mulai pukul 08.00-12.00.

 

Jakarta Selatan

Senin (25/4/2016): Pasar Pondok Indah, Kebayoran Lama

Selasa, (26/4/016): Pasar Pesanggrahan, Pesanggrahan

Rabu (27/4/2016): Pasar Manggis, Setiabudi

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.