Kompas.com - 02/05/2016, 09:03 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Kini, menghitung kalori makanan tak lagi sulit. Teknologi memungkinkan orang awam menghitung besar kalori yang diasup sehari-hari.

 

Bagi para pelaku diet, aplikasi penghitung kalori bisa dijadikan solusi. Hanya dengan memasukkan data makanan atau scanning barcode pada kemasan makanan, kalori makanan tersebut dapat diperkirakan.

 

Tak perlu lagi buku catatan khusus untuk merekam semua makanan yang disantap. Yang paling terasa adalah tak perlu repot mencari tahu jumlah kalori dalam satu menu dari berbagai sumber.

 

Seperti cerita Dina (28) yang selalu mengutak-atik ponselnya sebelum makan. Ritual ini ia lakukan untuk mengetahui besarnya kalori dalam makanan yang hendak disantap.

 

“Saya pakai aplikasi MyFitnessPal. Caranya mudah, tinggal arahkan kamera ponsel ke barcode yang ada di kemasan makanan. Muncul deh takaran kalorinya,” ujar Dina yang memang berniat menurunkan berat badannya.

 

Beragam aplikasi yang ada mempunyai kelebihan dan kekurangan. Yang paling menonjol biasanya seberapa banyak database aplikasi tersebut mengenai makanan.

 

“Saya memilih MyFitnessPal karena database makanannya sangat lengkap. Bahkan, data kalori dalam satu porsi ketoprak pun ada,” kata Dina.

 

Sebelumnya, Dina mengaku kerepotan dengan buku catatan kecil dan mencari info tentang kalori dalam satu menu. Ia harus mencari tahu layaknya mahasiswi yang sedang mengerjakan tugas penelitian.

 

Hasilnya, Dina mengaku turun beberapa kilogram dalam sebulan. Ia memang tak mau terlalu drastis menurunkan bobotnya dalam waktu yang singkat.

 

Penasaran, Kompas.com pun menjajal selama tiga hari. Aplikasi ini memiliki lebih dari enam juta menu makanan dalam database.

 

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.