Kompas.com - 11/05/2016, 20:37 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

 JAKARTA, KOMPAS.com - Naiknya asam lambung atau dalam istilah medis disebut Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) merupakan salah satu masalah saluran cerna bagian atas.

GERD terjadi karena asam lambung dengan derajat keasaman yang tinggi naik ke kerongkongan. Ada beberapa gejala yang muncul jika Anda mengalami GERD seperti dikutip dari Mayo Clinic berikut.

  • Sensasi terbakar di dada (heartburn). Terkadang rasa panas terbakar sampai ke tenggorokan
  • Mulut terasa pahit
  • Dada terasa nyeri
  • Sulit menelan
  • Batuk kering
  • Suara serak atau tenggorokan sakit
  • Regurgitasi atau adanya makanan atau cairan asam (acid reflux) yang terasa berbalik arah.

GERD kerap dikira sakit lambung biasa. Gejala GERD berupa sesak di dada kadang juga dikira tanda serangan jantung.

Namun, menurut dr Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, MMB dari Divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM, pada pasien GERD sesak di dada umumnya disertai rasa panas terbakar, sedangkan pada serangan jantung tidak.

Beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan GERD antara lain, kegemukan, kehamilan, merokok, mulut kering, kekosongan perut dalam waktu lama, diabetes, hingga gangguan jaringan ikat seperti scleroderma. 

Jika dibiarkan, bisa menyebabkan komplikasi seperti penyempitan kerongkongan, peradangan di esofagus, hingga kanker pada esofagus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Asam Lambung
Asam Lambung
PENYAKIT
Asam Urat
Asam Urat
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.