Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/06/2016, 10:50 WIB

KOMPAS.com - Melatih otot-otot tubuh, terutama di bagian bisep dan juga otot kaki, bukan cuma membuat tubuh terlihat kekar, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Menurut penelitian, pasien penyakit jantung yang memiliki bisep tebal dan otot kaki kuat, serta perutnya tidak buncit, kemungkinannya meninggal dalam 7 tahun lebih rendah dibandingkan dengan pria kurus yang bisepnya tak berotot.

Memiliki otot yang kuat sangat penting untuk fungsi insulin yang lebih baik. Hal itu pada akhirnya bisa memperlambat perkembangan penyakit jantung.

Walau dalam penelitian itu secara spesifik disebutkan otot bisep dan kaki, tetapi sebaiknya Anda juga melatih otot seluruh tubuh. Makin bagus komposisi tubuh, makin sedikit pula lemak tubuh.

Memiliki otot yang kuat juga berarti laju metabolik istirahat juga meningkat, sehingga jumlah kalori, termasuk lemak perut, yang dibakar lebih banyak lagi.

Risiko seseorang terkena penyakit jantung memang lebih besar pada orang yang kegemukan. Bukan hanya itu, risiko kematian pada pasien penyakit jantung yang gemuk juga lebih rendah dibanding pasien yang berat badannya normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com