Kompas.com - 23/06/2016, 07:15 WIB
Ilustrasi kanker payudara ShutterstockIlustrasi kanker payudara
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Menganalisa jaringan payudara yang rentan terhadap kanker, para ilmuwan Australia menemukan bahwa protein yang menjadi pencetus tumbuhnya sel pra-kanker, yang juga menyebabkan osteoporisis, dapat terhalang oleh obat osteoporosis umum.

"Hal ini sangat menarik, merancang cara untuk mencegah jenis kanker payudara pada wanita yang berisiko tinggi karena faktor genetik," kata penulis studi Jane Visvader.

Studi yang diterbitkan dalam Nature Medicine ini melihat jaringan payudara pada tikus dan tiga wanita dengan mutasi genetik BRCA1 yang berisiko tinggi memunculkan kanker payudara yang agresif.

Ketika obat osteoporosis denosumab diaplikasikan ke jaringan, sel-sel pra-kanker berhenti membelah. Untuk 1 di antara 400 perempuan yang membawa gen kanker, ini bisa menjadi jalan lain selain operasi.

Seorang wanita Australia Kylie Gellie, yang sempat melakukan operasi pengangkatan payudara, ovarium, dan saluran tuba, mengatakan bahwa penemuan ini bisa memberi harapan bagi kedua anak perempuannya yang mungkin mewarisi gen kanker untuk menghindari operasi.

"Mungkin mereka tidak harus melalui langkah-langkah drastis, seperti yang saya lakukan atau setidaknya memberikan mereka harapan lebih," kata dia.

Peneliti mencatat, sebuah uji coba terhadap manusia yang lebih luas harus dimulai dalam waktu dua tahun untuk mendapatkan pengobatan kanker payudara yang efektif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 


Sumber Fox News
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X